Asri Sahrun Said: Pemusnahan Arsip, Langkah Cerdas BKD Provinsi Sulsel Dukung Tata Kelola Kearsipan Yang Baik

0
47
views

Apakabarkampus.com — Hari Jum’at (13/3) menjadi momentum baik bagi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dalam pelaksanaan Tata Kelola Kearsipan karena pada hari ini tepatnya pagi tadi BKD melaksanakan kegiatan pemusnahan arsip-arsip kepegawaian yang ada dilingkungan organisasinya.

Pemusnahan Arsip secara simbolis bertempat di Lantai 4 BKD Prov. SulSel ini dihadiri Kepala BKD Prov.SulSel, H.Asri Sahrun Said, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, Taufik didampingi Pejabat Struktural dan Arsiparisnya, hadir pula Kepala Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Patarai A Burhan GS yang juga didampingi pejabat struktural dan Arsiparis, sementara sebagai bagian yang terpisahkan dari pemusnahan ini, turut hadir Sekretaris Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan dan Kepala Bagian dari Biro Hukum Setda Provinsi Sulawesi.

Kepala BKD Prov. SulSel dalam arahan awalnya menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang terlibat secara langsung dalam pemusnahan arsip, salah satunya DPK Prov. SulSel yang juga merupakan anggota dari Panitia Pemusnahan Arsip (PPA) yang terus menerus bersinergi memberikan petunjuk dan bimbingan mulai September tahun lalu hingga pelaksanaannya pada hari ini, sekali lagi terima kasih kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan untuk dukungan dan perhatiannya.

“Insya Allah kita tak perlu khawatir dan takut terkait pemusnahan arsip ini karena Tim yang ada didalamnya sangat profesional dan berpedoman pada rambu rambu hukum kearsipan, baik Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan, Peraturan Kepala Arsip Nasional RI Nomor 37 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyusutan serta Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 59 Tahun 2016 Tentang Penyusutan Arsip” papar Asri.

Masih lanjut mantan Kepala BKD Kabupaten Bantaeng ini bahwa hari ini kita telah melakukan sebuah langkah cerdas dalam Tata Kelola Administrasi yang ditopang oleh Tata Kelola Kearsipan yang cerdas, produktif dan efektif. Sebuah kebanggaan karena saat ini BKD Prov SulSel menjadi salah satu destinasi kearsipan bagi pemerintah daerah dan lembaga pemerintah lainnya, bahkan Lembaga Anti Rasuah kita yaitu KPK sangat mengapresiasi dan mengatakan BKD ada progress. KPK pun berharap agar BKD dapat mensupport Gubernur Sulawesi Selatan khususnya dalam bidang pencegahan, karena sebagaimana diketahui bahwa Tertib Arsip akan berimplikasi pada Tertib Administrasi dan juga berefek pada akuntabilitas pemerintahan yang sudah barang tentu dapat mencegah terjadinya tindakan-tindakan yang pro terhadap korupsi. Dan kedepan BKD menjadi pilot project dalam mensinergikan Tata Kelola Kearsipan dan Membership Type yang saat ini telah mulai dilakukan.

Diakhir pelaksanaan Pemusnahan Arsip ini, ditandatanganinya Berita Acara Pemusnahan Arsip oleh Kepala BKD Prov.SulSel dan saksi-saksi yang terdiri atas 5 orang masing-masing, Kepala Bidang Kearsipan DPK Prov.SulSel, Sekretaris Inspektorat Provinsi SulSel, Kepala Bagian Perundang-Undangan Biro Hukum, dan.2 orang Arsiparis Madya yang berasal dari BKD dan DPK Prov.SulSel. (*)

*(IRZAL NATSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here