Siswa di Soppeng Sulit Akses Belajar Online

0
150
views

Oleh: Dandi Aditama Risaldi

Melalui surat edaran Nomor: 443.2/2181/DISDIK, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memutuskan memperpanjang masa belajar di rumah hingga 17 April 2020 akibat wabah virus COVID-19.

Adanya surat edaran tersebut membuat pembelajaran dilangsungkan secara online. Kita ketahui bahwa hadirnya sebuah virus yang melanda dunia yaitu Virus Covid-19 (Corona), olehnya itu kita dapat melihat kondisi pendidikan yang ada pada hari ini dengan di alihkannya dengan sistem online, jadi teknologi sebagai anak kandung reformasi ini berdampak positif dan sangat membantu jalannya pendidikan serta jelas kebijakan dari menteri.

Kabupaten Soppeng misalnya, pelajar di beberapa daerah tersebut terhitung sukar mengakses internet.

Dandi Aditama R, salah satu pemuda di daerah Maccope, kec. Lalabata memberikan pandangan terkait pelaksanaan kuliah online ini dapat memberikan dampak yang cukup prihatin sebab tidak semua orang dapat mengaksesnya karena beberapa faktor semisal dalam pembelian kuota internet maupun yang berada di suatu daerah yang tidak ada jaringannya.

Muh. Rifki Nugraha, salah satu pemuda di daerah Ulugalung, Desa. Goarie Kec. Marioriwawo Kab. Soppeng berharap pemerintah memberi bantuan demi bisa mengakses internet. Ia menyebut dana BOS paling memungkinan untuk digunakan saat ini.

“Saya melihat bahwa yang menjadi kendala terbesar pada pembelajaran online ini di samping dari kurangnya persiapan dengan metode daring, sehingga masih banyak yang belum bisa mengakses aplikasi yang digunakan untuk proses belajar serta guru mengatakan kerap mendengar keluhan dari siswa-siswa di sana.

Sementara itu, Asniah salah seorang guru mengaku para siswanya kerap gagal paham ketika pembelajaran berlangsung. Pasalnya metode seperti ini dilaksanakan secara mendakak.

“Anak-anak banyak yang saya temukan gagal paham terkait pelaksanaannya karena tidak ada pelatihan atau pemberian pemahaman sebelumnya.” Tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here