Peringati Harla Pancasila, Kemendikbud Gelar Bincang Melalui Tiktok

0
24
views

Apakabarkampus.com – Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan diskusi santai melalui akun Tiktok resmi Kemendikbud.

Diskusi yang mengangkat tema “Aku, Kamu, Dia, dan Pancasila” tersebut berlangsung pada hari Senin, (1/6/2020).

Berdasarkan keterangan Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, diskusi ini digelar untuk meningkatkan semangat gotong royong di lingkup pendidikan.

Hilmar menjelaskan bahwa semangat gotong royong dapat menentukan seberapa cepat bangsa Indonesia dapat menyelesaikan segenap masalah-masalah yang sedang dialami saat ini.

“Kemampuan kita untuk berkolaborasi, mengesampingkan berbagai macam perbedaan, dan mengedepankan tujuan bersama. Hal itu akan membantu Indonesia pulih semakin cepat, bahkan membawa Indonesia semakin maju,” jelas Hilmar.

Lebih lanjut Hilmar mengatakan, semangat gotong-royong harus diajarkan melalui praktik nyata dan bukan sekadar wacana, melalui kegiatan-kegiatan yang bernuansa kerja sama, baik dalam lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, banyak anak muda memiliki inisiatif yang besar untuk bergotong royong membantu masyarakat yang terdampak wabah ini.

“Ini adalah bukti konkret kesadaran anak muda dalam mengamalkan nilai gotong royong di kehidupan sehari-hari,” lanjut Hilmar, sebagaimana tercantum dalam siaran pers Kemendikbud nomor 131/Sipres/A6/VI/2020.

Lebih jauh Hilmar menyampaikan pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila dengan cara kreatif, agar generasi milenial dapat mengenali dan memahami nilai-nilai Pancasila secara sukarela.

Hal tersebut dianggap penting, agar Pancasila sebagai dasar negara tidak dilupakan dan disepelekan oleh generasi baru anak bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here