Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Kerjasama Kemenristek Akan Gelar lomba Lomba Doodle Art Science dan Photografphy Contest bertema Covid-19

0
146
views

Apakabarkampus.com — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI melalui Pusat Peraga- Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) akan menggelar lomba Doodle Art Science Contest dan Photografphy Contest bertema Covid-19.

Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan PP-IPTEK dengan Science Center yang ada di daerah, dan untuk Science Center Sulsel berada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

Rencana dan kesiapan pelaksanaan lomba ini dibahas dalam rapat virtual yang dilaksanakan antara PP IPTEK Kemenristek yang dipimpin langsung direkturnya Dr. Syahrial dengan Kepala DPK Sulsel Moh. Hasan Sijaya, S.H, M.H di dampingi Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Nilma, S.Sos, MM berserta beberapa calon pemandu PP-IPTEK, Rabu (03/06).

Kepala DPK Sulsel Hasan Sijaya, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, dan sebagai pelaksana Science Center di daerah, DPK Sulsel akan segera membentuk kepanitiaan dan mengatur persiapan-persiapan pelaksanaan lomba sambil terus melakukan koordinasi dengan PP-IPTEK.

Dari hasil pertemuan tersebut, disepakati kegiatan lomba ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2020. Sebelum pelaksanaan kegiatan akan dilakukan sosialisasi pada tanggal 21 Juni sampai 5 Juli 2020 baik melalui media cetak, elektronik maupun melalui media sosial.

Pada pertemuan virtual tersebut, pihak PP-IPTEK menjelaskan, rencananya ada empat jenis lomba yang akan dilaksanakan. Namun pada tahap awal akan dilaksanakan dua jenis lomba terlebih dahulu yaitu doodle art science contest dan Photography Contest.

Dijelaskan, doodle art science contest adalah lomba membuat gambar dengan cara mencoret dengan menggabungkan aneka pola gambar agar terlihat abstract, unik, dan lucu yang dikemas dengan nuansa sains. dengan tema Me vs Covid-19, dengan sasaran pelaksanaan anak SD Kelas 4-6 dan orang tua, dilaksanakan secara online.

Tujuan kegiatan ini antara lain adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menggali imajinasi yang luas, mengasah kreativitas dan menunjukkan ide-idenya dalam sebuah karya seni yang unik menarik dan dinamis, mengembangkan sikap kerjasama dan toleransi dengan anggota keluarga lainnya dalam menyelesaikan tugas tertentu, dan memupuk sikap kekompakan antar anggota keluarga.

Sedangkan kegiatan Photography Contest dengan tema Sains di Balik Makanan dan Minuman adalah lomba mengambil gambar makanan atau minuman dengan menggunakan handphone yang diceritakan dan dihubungkan dengan sains sehari-hari dengan sasaran Siswa SMP/sederajat. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here