Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok Gelar Kongres Daring 2020

0
159
views

Apakabarkampus.com — Di tengah pandemik Covid19 yang melanda seluruh dunia karena kemunculan virus baru yang berasal dari kota Wuhan Ibukota Provinsi Hubei, China pada Desember 2019 lalu. Akibat dari pandemik ini aktivitas masyarakat terhambat, tak terkecuali sekolah juga turut diliburkan dan aktivitas belajar dilakukan di rumah demi memutus mata rantai penyebaran Covid19.

Terhentinya aktivitas yang mengharuskan pertemuan tatap muka hingga melewatkan bulan-bulan penting dalam keorganisasian di lingkungan Pelajar Indonesia di Tiongkok mengharuskan pengurus PPI Tiongkok untuk mengadakan Kongres secara Online.

Kongres online merupakan sejarah baru bagi PPI Tiongkok, sebelumnya Kongres selalu dilaksanakan di berbagai kota di Tiongkok seperti Kongres ke-7 di Xiamen, Provinsi Fujian. Begitupun dengan Kongres PPI Tiongkok tahun 2020 yang seharusnya diselenggarakan secara langsung di Kota Shanghai pada pertengahan Mei bulan lalu harus dibatalkan. Akan tetapi kemajuan teknologi tak menyurutkan panitia kongres PPI Tiongkok tahun ini untuk tetap melaksanakan kongres di tengah pandemik secara daring (online) melalui media zoom.

Pembukaan Kongres PPI Tiongkok yang ke-8 dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2020 dihadiri juga oleh KBRI Beijing dan KJRI Shanghai di antaranya ialah Bapak Duta Besar Indonesia untuk RRT, Atase Pendidikan, Wakil Duta Besar, Bapak Konjen RI Shanghai, perwakilan 25 cabang PPI Tiongkok dan anggota PPI Tiongkok periode 2019-2020, kongres daring ini dihadiri oleh lebih dari 150 peserta delegasi dan peninjau.

Kongres daring PPI Tiongkok berlangsung selama sepekan di dua sesi, sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 30-31 Mei 2020 dan sesi kedua pada tanggal 6-7 Juni 2020.

Djauhari Oratmangun selaku Duta Besar RI memberi apresiasi dan menyampaikan pidatonya sebagai tanda pembukaan kongres hari pertama dimulai.

Melalui sambutan pidatonya beliau berpesan kepada seluruh mahasiswa maupun alumni dari Tiongkok untuk tetap belajar dengan tekun, dengan ilmu dan pengalaman yang didapat dari negeri Tirai Bambu Pak Djo berharap kita mampu mengembangkannya di Indonesia di berbagai sektor yang ada dan saling menjaga serta membangun kebersamaan hubungan diplomatik antara Indonesia-Tiongkok yang telah terjalin selama 70 tahun.

Ucapan terimakasih dan dukungan juga disampaikan oleh Saudara Bagas Deka selaku Ketua Kongres PPI Tiongkok 2020 kepada seluruh panitia delegasi maupun peninjau yang telah bersama sama menyukseskan acara kongres daring berjalan dengan lancar dan sangat baik.

Saudara Fadlan Muzakki selaku Ketuan Umum PPI Tiongkok periode 2018-2020 juga menyampaikan harapannya kepada PPI Tiongkok agar bisa lebih maju lagi kedepan, bisa lebih solid lagi dan bisa menjadi pionir dan barometer serta percontohan bagi PPI Negara yang lain, karena kita sudah menjadi PPI terbesar kedua di dunia dan kita terkenal aktif di berbagai macam kegiatan juga gagasan, inovasi yang telah dibuat oleh PPI Tiongkok. Tahun ini merupakan tahun terpenting bagi PPI Tiongkok karena menjadi tuan rumah dan kordinator sehingga menjadi momen bersejarah agar PPI Tiongkok lebih hebat kedepannya.

Di hari penutupan Kongres PPI Tiongkok 2020 pengurus juga telah memilih dan menetapkan Ketua Umum PPI Tiongkok yang baru, segenap keluarga besar PPI Tiongkok ingin mengucapkan selamat kepada saudara Nikkolai Ali Akbar Velayati telah terpilih sebagai Ketua Umum Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok, dan juga sangat apresiasi kepada saudara Fadlan Muzzaki atas dedikasinya selama 2 tahun sebagai Ketua Umum PPIT, dan juga selamat kepada PPIT cabang Chongqing telah terpilih sebagai tuan rumah Kongres 2021. (*)

(*) Ditulis oleh Auliya Fitri Nur Lalili
Mahasiswi Nanjing University of Information Sciene and Technology

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here