Jalin Sinergitas, Karutan Kelas IIB Sinjai Kunjungi Aparat Penegak Hukum Kab. Sinjai

0
51
views

Apakabarkampus.com — Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sinjai Muhammad Ishak didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan Adam Malik melakukan kunjungan kerja ke Kodim 1424/Sinjai, Kajari Sinjai dan PN Sinjai. Rabu (08/07).

Kunjungan Karutan Sinjai disambut langsung oleh Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Oo Sahrojat, Kajari Sinjai Ajie Prasetya dan Ketua PN Sinjai Agung Nugroho Suryo Sulistio.

Karutan Sinjai mengatakan bahwa kunjungan kerja tersebut dilaksanakan untuk mempererat silatuhrahmi dan menjalin sinergitas antara Rutan Sinjai dengan Aparat Penegak Hukum (APH) Kab.Sinjai.

“Bersama dengan Kajari dan Ketua PN Sinjai, kami membahas mengenai penanganan perkara selama pandemi Covid-19” ungkap Muhammad Ishak.

“Sebagai orang baru di Sinjai saya harus menjalin sinergitas dengan para stakeholder yang ada d Kabupaten Sinjai, untuk menunjang kinerja Rutan ke depan. Utamanya para aparat penegak hukum” ujar mantan karutan Bantaeng.

Dalam kunjungan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai menyambut baik kedatangan Kepala Rutan Sinjai. Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai Ajie Prasetya mengatakan bahwa sangat bersyukur atas sinergitas yang selama ini telah berjalan dengan baik dan berharap agar hal tersebut dapat terus berjalan.

Sementara Muhammad Ishak menambahkan bahwa dia akan melanjutkan apa yang telah dirintis oleh Kepala Rutan Sinjai sebelumnya, dan akan semakin mempererat jalinan silaturrahmi dan Sinergitas dengan jajaran Kejaksaan Negeri Sinjai.

“Dengan jajaran Kejaksaan saya bukan orang asing, karena isteri saya adalah pegawai di Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan” ungkap Ishak

Ketua Pengadilan Negeri Sinjai Agung Nugroho Suryo Sulistio mengatakan bahwa sangat terbantu dengan pemberian informasi yang cepat tentang akan berakhirnya masa penahanan terdakwa, walaupun tujuan utama dari surat tersebut untuk pihak kejaksaan dan pihaknya hanya sebagai penerima tembusan surat.

Ketua PN Sinjai juga sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna H Laoly tentang pemberian asimilasi kepada narapidana dalam upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai Covid 19 di Lapas/Rutan seluruh Indonesia. Beliau juga mengatakan akan memberikan bantuan informasi dan kepastian satus hukum secepatnya tentang tahanan yang melakukan upaya hukum seperti Banding dan Kasasi.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dari Ketua PN, karena memang selama ini yang banyak mengalami kendala adalah apabila ada tahanan yang mengajukan kasasi. Terutama dalam penerimaan putusan dari Mahkamah Agung” ungkap Ishak.

Dalam kunjungan ke Kodim 1424 Sinjai Letkol Inf. Oo Sahrojat juga menyampaikan bahwa Kodim 1424 Sinjai akan senantiasa bekerja sama dengan Rutan Sinjai untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban di Rutan Sinjai juga peningkatan kemampuan petugas pengamanan di Rutan Sinjai dengan menggelar latihan menembak bersama.

“Pokoknnya apabila pak Karutan membutuhkan bantuan untuk back up keamanan, kami siap membantu. Rutan juga kami jadikan titik sambang patrol, apalagi jika ada hal-hal yang khusus atau ada kejadian yang membutuhkan perhatian ekstra Kodim siap untuk back-up” kata Oo Sahrojat.

“Untuk Latihan menembak kami siap membantu Rutan, apalagi lokasi yang dijadikan lapangan tembak adalah lahan milik Rutan” ujar Oo Sahrojat seraya menambahkan bahwa pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Karutan sebelumnya, sehingga lahan Rutan tersebut bisa digunakan bersama sebagai lapangan tembak. Sebelumnya lahan tersebut sudah hampir dikuasai oleh warga sekitar lokasi tersebut.
Ishak pun menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan Kodim menjadikan Rutan sebagai salah satu titik sambang dalam patroli rutin, demikian juga dengan kerja sama kedua pihak dalam hal penggunaan lahan untuk tempat latihan menembak bagi anggota Kodim 1424 Sinjai dan pemberian pelatihan dan penggunaan senjata api dan amunisi bagi pegawai Rutan Sinjai. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here