Kadis DPK Sulsel Serahkan Bantuan Buku, Rak Buku dan Komputer untuk Perpustakaan Desa di Soppeng

0
11
views

Apakabarkampus.com — Dalam rangka mendorong peningkatan minat baca dan mencerdaskan masyarakat khususnya di desa. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memberikan bantuan hibah berupa buku siap layan, rak buku dan komputer kepada sejumlah perpustakaan lorong dan perpustakaan desa di Sulawesi Selatan.

Penyeraham bantuan ini dilakukan secara bertahap. Jum’at (3/7) pekan lalu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Prov. Sulsel Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H menyerahkan langsung bantun hibah secara simbolis untuk Kabupaten Maros di Perpustakaan Desa Samangki, Kecamatan Simbang. Pada Rabu (8/7) Kadis DPK Sulsel, menyerahkan bantuan 900 eksemplar buku siap layan, enam unit rak buku dan enam unit komputer, untuk tiga perpustakaan desa di Kabupaten Soppeng.

Penyerahan bantuan ini dilakukan di dua tempat berbeda, Bantuan untuk Perpustakaan Desa Leworeng, Kecamatan Donri-Donri dan Perpustakaan Desa Panincong Kecamatan Marioriawa diserahkan di Kantor DPK Soppeng, dan diterima langsung Kepala Desa Leworeng Rusdi, S.Sos dan perwakilan dari desa Panincong. Sementara bantuan untuk Perpustakaan Desa Jampu Kecamatan Liliriaja diserahkan langsung oleh Kadis Hasan Sijaya di Perpustakaan Desa Jampu kepada Kepala Desa Jampu Nurhafsah, S.Sos., M.M di dampingi Sekcam Liliriaja A. Akmal Hasan, S.STP., M.Si, babinsa dan pengelola perpusdes setempat.

Pada acara penyerahan bantuan hibah buku, rak buku dan komputer ini, Kadis Hasan Sijaya di dampingi Kadis DPK Soppeng Drs. Ridwan, M.Si, Sekretaris DPK Sulsel Widyawati, S.Sos., M.H, Plt. Kabid Perpustakaan DPK Sulsel Nilma, S.Sos, M.M, Kasubag Keuangan DPK Sulsel A. Sucianita, S.E., M.M, Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos., M.A dan PIC Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Prov. Sulsel Nazaruddin, S.Ag., M.Sos.I.

Bantuan hibah ini menurut Hasan Sijaya, merupakan Program Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah, dalam rangka mencerdaskan bangsa dari desa. 

“Harapan Bapak Gubernur seluruh perpustakaan desa di Sulsel ini akan dibantu secara bertahap, khususnya 2.600 titik. Alhamdulillah, saat ini kami telah menyentuh sekitar 70,” jelas Hasan Sijaya.

Penyerahan bantuan hibah kepada Perpustakaan Desa ini juga merupakan replikasi mandiri program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Sulawesi Selatan pada 55 titik penerima manfaat untuk tahun 2020.

Perpustakaan Desa Jampu ini, adalah perpustakaan desa pertama yang dikunjungi Hasan Sijaya dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Soppeng. Mantan Staf Ahli Gubernur Sulsel ini menilai tampilan fisik dari perpustakaan desa ini cukup bagus, penataan ruangan dan penempatan bukunya tertata rapih, ruangannya bersih dan dilengkapi dengan dua gazebo baca dan sarana bermain anak. 

Kadis DPK Sulsel ini mengharapkan agar perpustakaan desa ini dapat diikutkan dalam lomba perpustakaan desa tahun 2020 dan ia meminta kepada Kepala DPK Kabupaten Soppeng untuk terus melakukan pembinaan terhadap perpustakaan yang ada di Soppeng.

Bahkan sebelum menyerahkan bantua dua unit komputer, dua unit rak buku dan 300 eksemplar buku siap layan di Desa Jampu. Hasan Sijaya sempat mencicipi dan membeli untuk oleh-oleh beberapa produk makanan ringan olahan hasil produksi dari kelompok masyarakat binaan Perpusdes Jampu. 

Kades Jampu Nurhafsah menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas bantuan yang diberikan, disertai harapan Insya Allah bantuan ini akan bermanfaat bagi masyarakat. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here