Jelang Pilkada, PPK Kec. Taka Bonerate Gelar Bimtek Mandiri Kepada PPDP dan PPS

0
28
views

SELAYAR – apakabarkampus.com – Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Kepulauan Selayar pada 9 Desember 2020 mendatang, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Taka Bonerate melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) pencocokan dan penelitian data pemilih pada tanggal (14-17/07/2020).

Kegiatan tersebut sekaligus monitoring KLIK dan COKLIT serentak kepada perwakilan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se-Kecamatan Taka Bonerate.

Menurut Firman, Anggota PPK Kecamatan Takabonerate bahwa pihaknya telah mengunjungi semua desa dalam melakukan monitoring KLIK dan COKLIK. Namun kata dia, dalam proses kunjungan PPK ke beberapa desa yang berada di luar daratan kecamatan (Desa Pasitallu, Tambuna, Jinato, Rajuni, Tarupa, Latondu) terjadi keterlambatan jadwal yang diakibatkan oleh cuaca buruk dan kondisi geografis di perairan Selayar.

Firman (mengenakan kemeja hitam bergaris putih saat memberikan materi Bimtek kepada PPDP & PPS)

“Bimtek ini dilaksanakan dalam upaya persiapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilaksanakan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) per tanggal 18 Juli sampai 13 Agustus 2020,” ucapnya.

Kata Firman, pelaksanaan coklit ini dianggap penting agar integritas dan moralitas kemanusiaan PPDP selama menjalankan tugasnya di lapangan dapat terlaksana dengan baik.

“PPDP tidak hanya menjalankan pemutakhiran data pemilih, tapi juga menjadi cerminan independensi dan juga PPDP harus bekerja dengan (ATM) Analisis, Teliti, Manajemen, demi menyukseskan proses coklit,” lanjut Firman dalam arahannya saat memberikan materi.

Sementara dalam proses Bimtek, PPS dan PPDP mengeluhkan masalah yang sama kepada PPK, yakni banyaknya penduduk desa yang tidak memiliki administrasi kependudukan.

“Tentu hal ini seharusnya tidak lagi menjadi keluhan pada tahun ini jika PPS dan PPDP tahun 2018 tidak hanya terfokus pada kerja-kerja yang sesuai prosedur KPU, melainkan juga menguji ide kreativitasnya untuk mengadvokasi masalah di atas agar ke depannya masalah yang sama tidak lagi menjadi keluhan yang berulang-ulang,” tutupnya.(*)

Adji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here