Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Terima Kunjungan Kadis Perpustakaan dan Koordinator Bidang Pendidikan TGUPP Sulsel

0
49
views

Apakabarkampus.com — Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar menerima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H, bersama Koordinator Bidang Pendidikan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel Prof. Dr. Heri Tahir, S.H., M.H dan Founder sekaligus CEO P.T. Kabar Makassar Grup Indonesia Upi Asmaradhana yang melakukan kunjungan silaturahmi di kediamannya, Selasa sore (4/8/2020).

Pada kesempatan itu Prof. Nasaruddin menyampaikan banyak informasi terkait dengan bagaimana kehebatan orang Bugis Makassar yang pada Abad XVI dan XVII telah berpengaruh di Eropah khusunya di Francis, di Vancouver Camada Amerika, di Australia dan wilayah Asia tenggara bahkan sampai ke Afrika. Termasuk kehebatan Karaeng Patinggalloang yang telah mewariskan semangat literasi yang tinggi bagi generasi sekarang.

Oleh karena itu, menurut pria kelahiran Bone Sulawesi Selatan ini, sekarang sudah saatnya orang Bugis Makassar mengembalikan masa jayanya. Ia menyarankan perlunya dilakukan inventarisasi tokoh, inventarisasi karya dan inventarisasi potensi- potensi daerah yang ada di Sulawesi Selatan.

Menurutnya, ada keunikan yang dimiliki Sulawesi Selatan, populasi penduduknya cukup besar, tingkat kecerdasan orang- orang Sulawesi Selatan juga cukup tinggi di banding dengan daerah lainnya.

Untuk itu, kita perlu menggali kembali potensi- potensi yang ada di masyarakat. Untuk menumbuhkan kembali kebangkitan intelektual masyarakat Sulaweai Selatan. Karenanya ia sangat mendukung upaya pemerintah untuk melaksanakan Festival Aksara Lontara yang digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel bekerjasama dengan Kabar Grup Indonesia, dan dirinya menyatakan siap menjadi salah satu pembicara dalam seminar internasional yang menghadirkan pembicara dan peserta dari 5 benua ini.

Pada kesempatan itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel bersama Koordinator Bidang Pendidikan TGUPP Sulsel dan CEO Kabar Makassar menyempatkan diri melihat langsung buku- buku koleksi yang dimiliki Mantan Wakil Menteri Agama di era pemerintahan SBY ini di Perpustakaan pribadinya.

Prof. Nasaruddin Umar yang sejak dari dulu dikenal sebangai penulis produktif yang rata- rata menulis puluhan halaman setiap hari untuk minimal tiga media termasuk detic.com, juga menyerahkan buku-buku karyanya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel yang akan dijadikan koleksi referens, konten lokal buku-buku karya anak bangsa dari Sulsel * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here