Ketua Dekranasda Sulsel Dukung Pengembangan Budaya dan Aksara Lontaraq

0
10
views

Apakabarkampus.com — Ketua Dekranasda Sulawesi Selatan Hj. Lies F. Nurdin yang juga adalah ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan selalu mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang berhubungan dengan budaya.

“Suatu negara akan besar karena menghormati budayanya. Kita lihat saja bagaimana Cina menjadi besar, bagaimana Jepang menjadi besar karena mereka menghargai dan menghormati budayanya. Karena itu saya sangat suka dan selalu mendukung kegiatan yang berhubungan dengan budaya,” kata Lies F. Nurdin dalam sambutannya se saat sebelum membuka acara Fashion Show Pesona Batik Lontaraq dalam rangka Festival Aksara Lontaraq di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Kamis (27/08/2020).

“Saya sangat bangga dengan pelaksanaan kegiatan ini, saya berharap kegiatan ini terus berlanjut, jangan sampai terpustus. Saya juga mensupport tiap tahun supaya bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Menurutnya, tumbuhnya industri desain- desain lontaraq sekarang ini nampak bagus. Dan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kreativitas dan inovasi terutama di kalangan generasi muda kita untuk melahirkan karya-karya terbaik dan menjadi kebanggaan kita.

“Saya juga sangat bangga pernah melihat presenter di acara televisi yang sangat banyak penontonnya presenternya memakai baju motif lontaraq kita, saya sampai terharu alhamdulillah,” ucapnya seraya menambahkan “Kami juga setiap acara nasional maupun di Makassar, kami selalu memunculkan desain-desain yang ada motif lontaraqnya.”

Pada kesempatan itu ibu Gubernur yang juga adalah Bunda Baca Sulsel ini, mengapresiasi keaktifan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel dalam berkegiatan khususnya mendukung Bunda Baca Sulsel dalam memajukan literasi dan membangkitkan minat baca anak dan masyarakat di Sulawesi Selatan.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya dalam sambutannya mengatakan kegiatan Fashin Show ini merupakan rangkaian dari Festival Aksara Lontaraq tahun 2020 yang terlaksana atas kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Dekranasda Sulawesi Selatan.

“Kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan hanya mencoba memfasiltasi apa yang menjadi keinginan para seniman kita, budayawan kita, para sastrawan kita dalam mempertahankan dan melestarilan aksara lontaraq ini,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Upi Asmaradhana dalam laporannya mengatakan kegitan ini adalah inisiasi dari seniman, budayawan dari berbagai sanggar di Sulawesi Selatan yang kemudian menghimpun diri untuk melestarikan aksara lontaraq.

Dijelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kejayaan aksara lontaraq dan budaya lontaraq itu sendiri, karena tidak semua bangsa di dunia ini memiliki aksara dan itu bisa dihitung dengan jari.

“Kita patut berbangga karena Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang masyarakatnya memiliki aksara, yang sayangnya hingga saat ini nyaris dilupakan oleh kita semua, dan ini menjadi tantangan besar dan menjadi upaya maksimal dari semua kalangan, sehingga kemudian tercetuslah ide untuk menyelenggarakan Festival Aksara Lontaraq dan ini akan menjadi agenda tahunan,” paparnya.

“Kami berterima kasih Bapak dan Ibu Gubernur memberikan atensi yang luar biasa. Kegiatan ini adalah gotong royong kebudayaan anak Sulawesi Selatan yang difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Sulsel, dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel ini adalah salah satu Kadis yang paling aktif di masa pandemi,” imbuhnya sembari menegaskan, meskipun kita berada pada situasi pandemi namun tidaklah menghalangi langkah kita berbuat baik untuk generasi yang akan datang.

Fashion Show ini diikuti 20 pesrta dari Dekranasda Sulsel. Pada rangkaian pelaksanaa Fashion Show ini juga dilaksnakan pemilihan Duta Lontara Sulawesi Selatan yang nantinya akan menjadi penyambung lidah yang akan mempopulerkan aksara dan budaya lontaraq ini.

Dari delapan peserta yang masuk nominasi. Dewan juri menetapkan Devianti Faisal anggota dekranasda Sulsel yang juga seorang trainer, coach dan Consultan Business sebagai Duta Lontaraq Sulawesi Selatan.* (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here