Sanggar Dipanegara Gelar Diskusi dan Launching Buku Kampung Sastra di Taman Lontara DPK Sulsel

0
62
views

Apakabarkampus.com — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H memeberi apresiasi terhadap generasi muda dari Sanggar Dipanegara yang menggelar kegiatan Diskusi dan Launching Buku Kampung Sastra di Taman Baca Lontara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (30/09/2020).

“Tidak banyak generasi muda yang mau berkarya melaksanakan kegiatan seperti ini di tengah situasi Pandemi Covid-19 ini tentu saja dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Anda menyemangati saya. Saya senang hadir di sini. Anda telah memperlihatkan kepada semua orang, anda ada dan anda berkegiatan,” kata Hasan Sijaya dalam sambutannya sesaat sebelum membuka kegiatan Diskusi dan Launching Buku yang mengusung tema Sinergi Kreativitas Literasi di Tengah Pandemi.

Hasan Sijaya lebih lanjut mengatakan bahwa saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel terus melakukan pembenahan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ruang-ruang layanan perpustakaan ditata dengan baik dan dibuat senyaman mungkin, sehingga layanan perpustakaan Sulsel saat ini sudah menjadi rumah baca rakyat.

“Dengan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, perpustakaan bukan lagi hanya sebatas rak-rak buku dan tembok belaka, tetapi semua ruang-ruang bisa menjadi titik baca, termasuk Taman Lontara yang ada di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel ini, kami tata sedemikian rupa untuk menjadi tempat yang nayaman bagi generasi muda, bagi siapa saja,bagi seniman, budayawan, sastrawan, mahasiswa, penggiat literasi untuk melakukan kegiatan apa saja, berkreasi, berdiskusi, seminar, dan itu gratis tinggal lapor saja,” ujar Hasan.

Kadis Hasan Sijaya juga mengaskan bahwa upaya untuk mencerdaskan anak bangsa melalui penguatan gerakan literasi dan peningkatan minat baca masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel.

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel tidak bisa berjalan sendiri tampa bersinergi dengan berbagai pihak yang ada. Ayo kita berpegangan tangan menumbuhkan gerakan literasi agar anak bangsa kita generasi muda kita menjadi generasi yang cerdas,” ajak Hasan Sijaya.

Kegiatan diskusi dan launching Kampung Sastra ini menghadirkan pembicara Syafruddin Muhtamar Pembina Sanggar Dipanegara STMIK Dipanegara Makassar, Tulus Wulan Juni, S.Sos Pustakawan dan Inovator Dinas Perpustakaan Makassar, dan Rezky Amalia Syafiin Duta Baca Sulawesi Selatan dipandu moderator Fiqri Syam Koordinator Departemen Pendidikan dan Pengkaderan Sanggar Dipanegara.

Acara pembukaan diskusi dan launching buku ini juga dihadiri Kepala Bidang Perpustakaan DPK Sulsel Drs. Yulianto, M.M, Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Nilma, S.Sos., M.M, Kepala Seksi Pengembangan dan Pengolaha Bahan Perpustakaan Syamsuddin, S.S., M.M, Presiden BEM STMIK Dipanegara A. Fadli, Ketua Umum Sanggar Dipanegara Stepanus Parerungan. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here