Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Buka Kegiatan Pekan Perpustakaan Tahun 2020

0
86
views

Apakabarkampus.com — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H di damping sejumlah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota dan pejabat eselon III Lingkup DPK Sulsel membuka kegiatan Pekan Perpustakaan Tahun 2020 di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Senin (5/10/2020). Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Dharmawanita Persatuan DPK Sulsel Ny. Haerati Hasan.

Dalam sambutannya se saat sebelum membuka Pekan Perpustakaan ini, Kadis Hasan Sijaya menegaskan bahwa kegiatan Pekan Perpustakaan ini menjadi legitimasi DPK Sulsel, melalui kegiatan ini kita berikan penyampaian kepada seluruh masyarakat bahwa performance Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selalu ada, selalu berinovasi, dan selalu berkembang.

“Dinas Perpustakaan tidak boleh bersembunyi di balik layar, Dinas Perpustakaan harus kelihatan oleh semua orang. Karena kita lebih dominan dengan layanan terhadap masyarakat, maka semuanya harus terbuka, semuanya harus dilihat. Semua orang harus tahu bahwa keberadaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan itu ada dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

“Mencerdaskan anak bangsa bukan pekerjaan sehari, membuat anak bisa baca tulis, bisa menjadi cerdas bukan pekerjaan sehari, oleh karena itu kita harus terus berkegiatan, bersama-sama saling berpegangan tangan antara pusat dan provinisi dan daerah untuk terus membangun gerakan literasi kita,” imbuhnya.

Menurutnya, perpustakaan sekarang ini sudah bertransformasi dan berinklusi sosial sehingga menjadi lebih luwes lagi. Tidak ada lagi rasa segan kita untuk tidak melakukan suatu inovasi, semua ruang-ruang bisa jadi suatu kegiatan.

Salah satu contohnya menurut Hasan Sijaya, yaitu menjabarkan apa yang menjadi keinginan Bapak Gubernur mencerdaskan anak bangsa dari desa, dengan membangun titik baca kurang lebih 2.600 titik sampai pada akhir masa jabatan Bapak Gubernur.

“Menyikapi apa yang menjadi keinginan Bapak Gubernur itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel sampai akhir tahun nanti Insya Allah akan terbangun 246 titik baca yang ada di Provinsi Sulsel, dan ini sementara berjalan,” tandasnya, seraya menambahkan “Program ini juga merupakan upaya untuk menjabarkan dan mereplikasi kegiatan ransformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dari pusat.”

Pada kesempatan itu, Kadis Hasan Sijaya juga meminta kepada seluruh jajaran DPK untuk tetap menjaga semangat dan kebersamaan dengan semua pihak termasuk DPRD dan penggiat literasi sebagai mitra untuk terus bersama membangun gerakan literasi di Sulsel.

“Gerakan Literasi Kita Tidak Boleh Putus, dan Alhamdulillah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel sampai saat ini performancenya number one di tingkat Provinsi Sulsel. Di tengah Pandemi seperti ini hanya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel yang terus mengeliat ke mana-mana. Tentu ini di dorong oleh Kabupaten/Kota,” kuncinya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hj. Feby Primajanti T, S.Sos., M.Si dalam laporannya mengatakan Kegiatan Pekan Perpustakaan ini dilaksanakan dalam rangka hari kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca dengan tema Melalui Hari Kunjung Perpustakaan Bersama Kita Menyemarakkan Pembudayaan Kegemaran Membaca di Era Pandemi Covin-19.

Dilaporkan, Kegiatan Pekan Perpustakaan ini dilaksanakan dalam bentuk pameran buku dan koleksi perpustakaan lainnya, pameran alat peraga iptek, serta pameran berbagai produk hasil binaan perpustakaan sebagai bagian dari Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yang diikuti peserta dari DPK Kabupaten/Kota, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Khusus Instansi, penerbit dan toko buku, DPK Provinsi Sulsel, Dhama wanita DPK Sulsel, Kabar Grup Indonesia, Tim Penggerak PKK Sulsel, Deskranasada Kota Makassar, PT. Telkom Indihome wilayah Makassar, Komunitas Penggiat Literasi Sulsel, Tim Suraco Abadi Motor, Sentral Yamaha dan Suzuki Motor dan Pelaku Usaha Kuliner.

Sedangkan untuk kegiatan lomba terdiri dari Lomba Pidato dan Lomba Bertutur bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan, serta lomba stand terbaik. Selain itu pada pelaksanaan pekan perpustakaan yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 6 Oktober 2020 ini juga dilaksanakan kegiatan Donor Darah untuk kemanusiaan kerjasama DPK Sulsel dengan PMI Makassar. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here