DPK Sulsel Serahkan bantuan Komputer, Buku dan Rak Buku ke 15 Perpustakaan Desa di Kabupaten Kepulauan Selayar

0
61
views

Apakabarkampus.com — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan hibah berupa dua unit komputer, 300 eksemplar buku dan dua unit rak buku ke 15 Perpustakaan Desa di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Penyerahan bantuan dalam rangka Replikasi Mandiri Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Provinsi Sulawesi Selatan ini, berlangsung di aula Hotel Rayhan Square Benteng Selayar, Senin (26/10/2020), dalam rangkaian acara Road Show Pengembangan Kegemaran Membaca di Kabupaten Kepulauan Selayar yang terlaksana atas kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan yang juga selaku penanggungjawab replikasi mandiri program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial provinsi Sulawesi Selatan, Nilma, S.Sos, M.M dan diterima secara simbolis Bupati Kepalauan Selayar yang diwakili Assiten III Drs. Dahlul Malik, M.H, di dampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Selayar, Salahuddin, S.Sos.

Bupati Kepulauan Selayar melalui Asisten III dalam sambutannya se saat sebelum membuka kegiatan Road Show Pengembangan Kegemaran Membaca yang mengusung tema Menumbuhkan Kreatifitas dan Inovatif dalam Gerakan Literasi Inklusif menuju New Normal ini, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas bantuan yang telah diberikan.

Menurutnya, bantuan dan kegiatan roadshow ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Provinsi terhadap masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pemberdayaan perpustakaan dan peningkatan gerakan literasi masyarakat.

“Gerakan literasi yang selama ini kita bangun harus tetap kita tumbuhkan dengan kreatif dan inovatif di masa pandemic ini. Sesulit apapun situasi yang kita hadapi, seberat apapun tantangan yang menghadang, namun semangat untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, semangat untuk membangun kecerdasan anak bangsa ini harus terus ditumbuhkan.” Tegasnya.

Menurut Bupati Kepulauan Selayar dalam sambutan tertulisnya dibacakan Asisten III, saat ini Pemerintah Kepulauan Selayar sedang giat-giatnya mengupayakan agar Selayar dapat ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus pariwisata, pusat distribusi logistik untuk Indonesia Timur serta mengupayakan agar terbangunnya kawasan industri perikanan terpadu. Hal ini dilakukan agar dapat mendorong laju pertumbuhan pembangunan yang memberi dampak langsung kepada masyarakat.

Di sinilah dibutuhkan peran SDM yang terampil dan berkualitas. Untuk itu perpustakaan hadir dan menjadi salah satu bagian penting untuk mengedukasi masyarakat, mendorong peningkatan kecerdasan masyarakat melalui peningkatan minat baca, serta menciptakan masyarakat yang kreatif dan inovatif melalui kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Selayar Salahuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberian bantuan dan pelaksanaan kegiatan Road Show ini merupakan bukti bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten dan Provinsi nampak kerjasamanya.

Ia berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan mudah-mudahan bantuan-bantuan yang diberikan baik dalam bentuk fisik maupun dalam bentuk kegiatan dapat memberi manfaat bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Road Show ini menghadirkan narasumber Nilma, Sos. M.M dan koordinator pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos. M.A dipandu moderator Anwat Tahir, A.Md. B.Ing, S.H.,MTA.* (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here