Masalah Kesehatan Lanjutan Yang Dapat Timbul Pada Ibu Dengan Riwayat Preeklampsia

0
104
views

Apakabarkampus.com – Peneliti Klinik Mayo menemukan bahwa wanita dengan riwayat preeklampsia kemungkinan akan mengalami atherosklerosis ( pengerasan dan penyempitan pembuluh darah arteri- sepuluh tahun setelah kehamilannya). Penemuan ini dipublikasikan di klinik mayo.

Preeklamsia adalah suatu keadaaan khusus pada wanita hamil yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, khususnya terjadi pada minggu 20 kehamilan dan dapat terjadi secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan. Komplikasi dari kondisi ini dapat memperngaruhi baik ibu maupun janin dan mengenai 2-7 % wanita hamil.
Preeklampsia merupakan penyebab utama kematian dan kecacatan pada ibu dan bayi di dunia, khususnya negara berkembang seperti Indonesia. Di Indonesia preeklampsia berat dan eklampsia merupakan penyebab kematian ibu berkisar 1,5-25 % sedangkan kematian bayi antara 45-50 %. Selain memberikan efek langsung, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Vena Garovic, M.D.,Ph.D., klinik May, preeclampsia mungkin dapat megakibatkan komplikasi lanjut pada ibu-ibu yang telah melahirkan bayinya.
Penelitian ini menggunakan data dari Program Epidemiologi Rochester. Penelitian ini melibatkan 40 wanita yang telah mengalami menopasuse tanpa riwayat preeklampsia dan 40 wanita menopause dengan tekanan darah yang normal saat hamil.

Selain dilakukan pengukuran tekanan darah, juga dilakukan pengukuran ketebalan dari arteri carotis. (arteri carotis merupakan yang besar yang berasal dari jantung dan bertanggung jawab untuk peredaran darah ke seluruh tubuh, kecuali jantung). Pada penelitian ini didapatkan bahwa dinding pembuluh darah arteri pada wanita dengan riwayat preeklampsia jauh lebih tebal dibandingkan dengan wanita tanpa riwayat preeklampsia.  Bahkan tanpa riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah, wanita dengan riwayat preeklampsia memiliki resiko untuk menjadi atherosklerosis yang lebih besar sepuluh tahun kedepan selama periode menopause, kata Dr. Garovic. Dengan adanya penemuan ini, dapat dilakukan intervensi yang lebih awal  pada wanita yang memiliki riwayat preeclampsia sebelum berkembang menjadi penyakit kardiovaskuler.

Journal Reference : Vesna D. GArovis, MD,PhD et al Carotid Artery Intima-Media Thickness and Subclinical Atherosclerosis in Women With Remote Histories of Preeclampsia: Results from a Rochester Epidemiology Project-Based Study and Meta-analysis. Mayo Clinic Proceedings, August 2017 DOI : 10.1016/j.mayocp.2017.05.030

Penulis: Annisa Riska Yanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here