Road To Campus, Sosialisasi Gerakan Donor Kornea Mata

0
220
views

Apakabarkampus.com-PERDAMI (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia), Bank Mata, dan Keluarga Donor Mata Makassar mengadakan Talk Show “Sosialisasi Gerakan Donor Kornea Mata” di Auditorium Fakulatas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Rabu, 25 Oktober 2017.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unhas, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, Dokter Muda, Residen Mata (dokter yang mengambil spesialisasi mata) dan Dokter Spesialis Mata.
Sosialisasi ini mengundang narasumber yaitu : dr. Junaedi, Sp.M mewakili Bank Mata, dr. Hasna, Sp. M mewakili PERDAMI, Bpk. Ibnu mewakili Keluarga Donor Mata Makassar, dan Prof. Roland, Dosen Fakultas Pertanian sebagai resipien (penerima) donor mata.
Selain Universitas Hasanuddin, Sosialisasi gerakan donor mata yang mengangkat tema “There Is One Way To Live After Your Death, Donate Your Eyes” juga bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Alauddin, Universitas Muslim Indonesia, dan Poltekkes.
Dalam sosilisasi tersebut, dr. junaedi, Sp.M memaparkan total kebutaan di Indonesia mencapai 2,6 % dari jumlah populasi dan tedapat 0,9 %-1 % kasus kebutaan yang bersifat reversibel (dapat diperbaiki). Di Indonesia, hanya 10 % donor mata yang berasal dari lokal sedangkan 90 % berasal dari luar negeri. Hal ini menunjukkan kurangnya partisipasi masyarakat Indonesia sebagai donor.
Untuk menjadi donor dan resipien kornea mata terdapat beberapa syarat. Syarat untuk menjadi donor adalah orang tersebut telah dalam keadaan meninggal dan tidak memiliki penyakit-penyakit seperti : HIV, sifilis, hepatitis, dan penyakit-penyakit keganasan, sedangkan syarat untuk menjadi resipien adalah kebutaan disebabkan karena kelainan pada kornea, Ungkap dr. Hasna, Sp.M.
Sosialisasi ini sangat bermanfaat dalam mengenalkan kegiatan donor kornea mata, namun informasi akan sosiliasasi belum tersebar luas dilihat dari peserta yang hadir semuanya berasal dari bidang kesehatan, tutur Dokter Muda Izzy, peserta sosialisasi.
Bila ada yang ingin menjadi donor maupun resipien kornea mata dapat menghubungi contac person, dr. Hasnah (082188051024), dr. Irfan (085240159116), drg. Ahsan Said (081355967501), Drs. Baharuddin Lallo (08124298793).

By: Annisa Riska Yanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here