Komperatif Gelar Roadshow Literasi Di Sekolah

0
85
views

Apakabarkampus.com-Makassar Komunitas Penulis Kreatif dan Inspiratif (Komperatif) menggelar Roadshow Literasi ‘Masuk Sekolah’ di ruang multimedia SMA Negeri 14 Gowa, Kamis (26/10) kemarin.

SMAN 14 Gowa adalah satu dari lima sekolah di Kab. Gowa yang menjadi tempat berlangsungnya kegiataan Roadshow Literasi tahap 1.

‘Mencetak Generasi Literasi untuk Sulawesi Selatan Berkarakter’ merupakan tema sentral yang dipilih dalam kegiatan ini. Pematerinya berasal dari kampus berbeda di Makassar merupakan penulis muda yang disatukan dalam komunitas penulis bernama Komperatif. Mereka adalah Adibah L Najmy dan Damar Al-Manakku (dari Universitas Muslim Indonesia, UMI), dan M. Galang Pratama dan Ainun Jariah (dari UIN Alauddin Makassar).

Para Pemateri

Penulis muda yang tergabung dalam Komperatif itu memberikan materi terkait pengembangan literasi di Indonesia, teknik penulisan cerpen dan puisi, dan motivasi menulis serta terkait penerbitan buku.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 14 Gowa, Murtala S.Pd, M.Si mendukung kegiatan roadshow literasi tersebut. Menurutnya kegiatan ini sejalan dengan kurikulum dari pemerintah.

“Kegiatan ini sejalan dengan kurikulum yang dicanangkan pemerintah pusat,” ujar Kepala SMAN 14 Gowa. Ia juga mengharapkan supaya siswa-siswinya bisa menulis buku. “Mudah-mudahan bisa jadi generasi mewariskan keahlian menulis buku dan berguna bagi masa mendatang,” lanjutnya.

Di lain kesempatan, Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Syamsud Dg Sijaya, S.Pd M.Pd merasa perlunya kegiatan roadshow literasi ini digalakkan untuk melahirkan komunitas penulis di sekolah-sekolah. “Semoga akan lahir komunitas-komunitas penulis. Karena sejarah itu harus ditulis,” harap pendiri portal gurutanews.com itu.

Roadshow berlangsung dengan meriah. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh siswa mulai dari motivasi menulis hingga cara menerbitkan buku sendiri.

Pendiri Komperatif, Adibah L Najmy mengatakan alasan dipilihnya SMA sebagai tempat berlangsungnya roadshow literasi adalah karena kegiatan literasi sudah banyak dilakukan di kampus-kampus sedangkan berbeda dengan di sekolah.

“Masih jarang di sekolah, padahal banyak bibit penulis yang bisa lahir dari SMA,” kata alumni SMAN 1 Bajeng (sekarang SMAN 2 Gowa) yang melahirkan novel pertamanya kelas II SMA itu.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama antara seluruh pemateri dan peserta.

 

Penulis: Muh. Galang Pratama, Gowa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here