Kisah Maipa Deapati & Datu Museng Tayang di Bioskop pada Januari 2018 Mendatang

0
477
views
Cuplikan trailer film Maipa Deapati & Datu Museng

Apakabarkampus.com–Makassar (29/11/2017). Setelah sukses melakukan press conference dan launching trailer resminya pada 25 november lalu di Mall Phinisi Point, film tentang kisah Maipa Deapati dan Datu Museng ini dijadwalkan tayang pada 11 januari 2018 mendatang di bioskop tanah air. Film yang mengangkat tema sejarah dan kebudayaan lokal Makassar ini melibatkan artis yang sedang naik daun, yaitu Shaheer Sheikh.

Menurut Rere Art2tonic selaku sutradara, menerangkan kepada kabar.news bahwa proses produksi membutuhkan waktu yang cukup lama dimana riset dimulai pada 15 desember 2015 dan syuting dimulai bulan maret hingga berakhir pada akhir mei 2017.

“Total biaya sekitar Rp. 8 miliar. Biaya pasti mahal dimana melibatkan Shaheer sebagai aktor nasional dan sudah dikenal dimana-mana. Lokasi syuting di Bulukumba, Takalar, Maros, hutan pinus Malino, benteng Rotterdam dan Somba Opu.” terangnya.

Perlu diketahui bersama bahwa kisah Maipa Deapati dan Datu Museng ini sangat melegenda di Makassar. Begitu melegendanya kisah ini bahkan diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Makassar.

Kisah Maipa Deapati dan Datu Museng menjadi versi Makassar yang mirip kisah Romeo dan Juliet karya William Shakespeare. Akhir kisah dimana Maipa Deapati mati ditangan Datu Museng sendiri merupakan klimaks dari legenda ini. Bukan tanpa sebab, kematian itu ternyata menjadi bukti kesucian cinta Maipa Deapati yang tidak rela kulitnya disentuh orang lain selain suaminya–Datu Museng. Apalagi oleh kolonial Belanda pada masa itu.

Maipa Deapati begitu tulus menjaga cinta Datu Museng yang penuh pengorbanan memperjuangkannya. Untuk mendapatkan restu dari Kerajaan Sumbawa, Datu Museng harus bertarung dan mengalahkan Pangeran Mangalasa yang tidak lain adalah putra kerajaan Lombok yang telah lebih dulu ditunangkan dengan Maipa Deapati. Karena pengorbanan tersebut dan tulus cintalah, kemudian Maipa Deapati menikah dengan Datu Museng.

Selain film ini nantinya, pernah juga ada novel roman karya Verdy R Baso di tahun 1967 yang juga pernah dipentaskan dalam bentuk teater yang naskahnya disusun oleh Fahmi Syarief. Legenda Maipa Deapati dan Datu Museng sudah sepatutnya diapresiasi dan dibuat mejadi karya-karya yang bisa dinikmati publik agar tetap dikenang, salah satunya film karya anak Makassar yang tergabung dalam Art2tonic Production ini. Berikut trailernya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here