Butuh Peta Wilayah? Langsung Saja ke Badan Informasi Geospasial (BIG)

0
102
views

Apakabarkampus.com – Badan Informasi Geospasial atau biasa di kenal dengan BIG yang sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional berkerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dalam hal ini diwakili Dr. H. Andi Jamaro Dulung, M.Si selaku Anggota DPR RI Komisi VII melakukan sosialisasi “Desiminasi Informasi Geospasial Untuk Mendukung Pembangunan Daerah” dan sekaligus merilis peta terbaru Indonesia yang diterbitkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

Kegiatan ini dihelat di PLN Udiklat Makassar, Sulawesi Selatan pada 31 Maret 2018.

Geospasial sendiri sangat jarang diketahaui oleh masyarakat umum. Oleh karena itu kegiatan ini terlaksanana guna mengedukasi dan mensosialisasikan geospasial ini. Sugeng Prijadi Inspektur Badan Informasi Geospasial (BIG) ini mengatakan bahwa, “informasi geospasial ternyata di masyarakat masih banyak yang belum paham bahkan belum tau apa itu Badan Informasi Geospasial (BIG). Tetapi informasi geospasial bisa mendatangkan kemaslahatan dan juga kemudaratan. Maka disini, pemahaman tentang geospasial sangat penting terutama bicara tentang wilayah, sumber daya alam, perbatasan yang sering menuai konflik. Dengan adanya informasi geospasial lebih memudahkan masyarakat dengan permasalahan-permasalahan perbatasan dan atau pemetaan wilayah. Dan juga masyarakat bisa manfaatkan informasi geospasial secara mudah dan langsung ke Badan Informasi Geospasial (BIG).”

Kemudian ditambahkan oleh Ketua IKA-IKIP UP-UNM Bapak Dr. H. Andi Jamaro Dulung, M.Si, “Badan Informasi Geospasial (BIG) merupakan salah satu mitra kami. Apalagi geospasial memberikan informasi yang sangat penting untuk pemetaan wilayah. Dimana konflik-konflik wilayah desa, kecamatan, kabupaten bahkan provinsi itu bisa dengan informasi ini. Selain itu, kehadiran geospasial merupakan informasi yang menarik bagi peserta yang ada disini maupun diluar dan baru bagi mereka. Kemudian, harapan kami seluruh peserta pasca dari kegiatan ini, dapat menginformasikan kepada lingkungan dan masyarakat awan lainnya apabila kita membutuhkan peta wilayah atau perbatasan itu lansung ke geospasial atau lansung ke Badan Informasi Geospasial (BIG),” tutupnya.(*)

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here