Ustadz Syafiq: Menangis Itu Fitrah Manusia

0
90
views

Apakabarkampus.com – Kedatangan ustadz dr. Syafiq Riza Basalamah di Makassar disambut dengan antusias oleh masyarakat, terbukti dengan banyaknya yang hadir di acara kajian beliau. Sabtu (2/3) pagi.

“Banyak yang berkata, Antum pergi ke majelis ilmu itu untuk apa? Jauh-jauh, capek-capek. Itu semua karena mereka (yang bertanya) belum merasakan nikmatnya majelis ilmu, manisnya majelis ilmu. Mereka terkadang lebih senang pergi ke tempat-tempat yang hijau, yang tenang, tempat wisata. Padahal majelis ilmu adalah taman-taman Syurga, kita ini sedang bertamsya di taman-taman Syurga.” Ujar ustadz Syafiq dalam kajiannya di Masjid Al-Markaz Al-Islami.

Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa menangis itu fitrah manusia, manusia itu memiliki gharizah, insting meneteskan air mata. ALLAH swt. berfirman, “Dan Dia-lah ALLAH yang menyebabkan sebagian orang menangis dan sebagai lagi tertawa.” Tuturnya.

Ketika menfsirkan ayat ini, lanjut ustadz, Al-Imam Qurtubi mengatakan, “ALLAH yang menentukan sebab-sebab orang itu bisa tertawa dam bisa menangis.”

“Rasulullah saw. pernah bersabda dihadapan para sahabatnya, ‘Kalau kalian tau apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis. Kalian tidak akan bisa bersenang-senang di atas ranjang kalau kalian mengetahui apa yang aku ketahui.’.” Ucapnya dalam acara yang bertemakan ‘Lama Tak Menangis’ ini.

Beliau menambahkan bahwa ALLAH menceritakan tentang penghuni Syurga, ketika mendengar ayat ini, Aisyah menangis. Ketika mereka masuk Syurga, mereka ngobrol saling berhadap-hadapan, mereka saling bertanya tentang mengapa bisa masuk Syurga. Kata mereka, kita dulu ketika hidup di dunia, takut menghadapi akhir hidup, apakah khusnul khatimah atau tidak, kami takut kepada ALLAH.

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here