Resensi Buku: Entrepreneur, Form Inspiration Become Perspiration

0
19
views

Judul Buku: Entrepreneur, Form Inspiration Become Perspiration
Penulis: Jubilee Enterprise
Penerbit: PT. Alex Media Komputindo
Tahun Terbit: 2013
Cetakan: Pertama
Tebal Buku: 187 Halaman

Biografi Penulis

Jubilee Enterprise:
Beliau merupakan pengamat dan penulis buku bisnis manajemen yang memiliki keunikan dalam gaya tulisannya. Mudah dipahami, kadang-kadang diselingi oleh humor dan anekdot, merupakan salah satu ciri khas tulisan-tulisan yang dibuat oleh J.E. Buku-bukunya yang telah terbit antara lain, “Hey Entrepreneur, All you Need is Great Inspiration”, dan “The Story of Creativity”. Tinggal di Yogyakarta, J.E. mampu menghadirkan kasus-kasus bisnis yang mudah dimengerti untuk membantu para calon pengusaha menemukan talenta, inspirasi dan semangat berbisnis setiap hari.

Latar Belakang Buku

Sering kali, keputusan seseorang untuk menjadi seorang pengusaha berawal dari adanya inspirasi. Dari inspirasi itulah, seorang calon pengusaha mendapat peneguhan. Lantas, mulailah ia memutuskan untuk bekerja keras agar cita-cita menjadi seorang pengusaha bisa terwujud.

Buku ini mengupas inspirasi-inspirasi bisnis yang pernah terjadi. Tujuannya, agar Anda merasa bahwa dunia bisnis tidak jauh dari persoalan sehari-hari. Dari situ diharapkan, Anda merasa bahwa bisnis itu tidak kompleks dan bisa dijalani dengan rasa optimis.

Semoga buku ini mampu menjembatani kebutuhan Anda akan cita-cita menjadi seorang entrepreneur. Menjadi pengusaha adalah sebuah kisah panjang yang tak akan pernah lekang oleh waktu. Karena itulah, mulailah petualangan bisnis itu dengan mulai membaca inspirasi-inspirasi yang ada di dalam buku ini.

Gambaran Tentang Isi Buku

Enterpreneur ada di dalam diri Anda:
Keputusan menjadi seorang entrepreneur di dorong oleh beberapa alasan, di dalam buku ini terdapat 9 alasan, jika Anda memiliki salah satunya, maka Anda telah siap untuk menjadi seorang entrepreneur.

◎ Seni menjadi yang pertama:
Yang pertama adalah pemenang! Dalam dunia bisnis, jika Anda menemukan suatu produk/jasa yang dapat memudahkan urusan seseorang, maka Anda telah menemukan sebuah inovasi, dan inovasi itu dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit, bagi kantong Anda.

Menjadi berbeda:
Bagaimana cara mengalahkan pesaing? Jika Anda memiliki bisnis dengan produk yang banyak orang lain juga menjadikannya bisnis, maka cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan menjadi berbeda. Bagaimana caranya? Silahkan baca buku ini.

◎ Menancapkan positioning:
Segmen pasar Anda harus benar-benar jelas, agar teknik promosi yang Anda lakukan bisa benar-benar efektif.

◎ Menetapkan harga:
Dalam menjual produk/jasa penetapan harga merupakan suatu hal yang sangat krusial, jika terlalu mahal, maka akan sulit laku, namun jika terlalu murah, produk/jasa Anda akan dianggap kurang berkualitas.

Mengelola merek:
Dewasa ini, branding menjadi hal yang mutlak dimiliki pebisnis profesional. Lantas, bagaimana mengelola merek ini agar dapat diingat pasar?

Memilih target market:
Tidak semua orang menginginkan produk kita, juga tidak semua orang membutuhkan produk kita. Maka pandai-pandailah memilih target market.

8 nasihat ‘gagal’dari Guy Kawasaki:
Salah satunya adalah, “Jangan khawatir, jadilah yang terburuk.”

◎ Tetal fokus:
Salah satu kunci utama kesuksesan adalah fokus. Lantas, bagaimana caranya?

Mengantisipasi perubahan:
Bisnis harus mengikuti perubahan, mengikuti tren, sebab jika tidak, bersiaplah untuk bangkrut.

Memuaskan pelanggan:
Orientasi bisnis bagi pengusaha profesional bukan lagi tentang bagaimana meraup untung sebanhak-banyaknya, melainkan bagaimana memuaskan pelanggan.

Memahami konsumen:
Buatlah produk yang dibutuhkan orang-orang, bukan yang ingin Anda buat.

◎ Menjual jasa:
“Bahkan jika produk Anda tidak begitu berbeda, lebih baik, atau spesial, adalah tugas pemasar untuk membuat orang berpikir bahwa produk Anda berbeda, lebih baik, dan spesial.” Sergio Zyman.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:
Buku yang cukup menginspirasi, terutama bagi para calon pengusaha. Disajikan juga contoh-contoh bisnis yang sangat menambah pengetahuan pembaca.

Kekurangan:
Pada pembahasan awal-awal kurang memiliki bobot, sehingga cenderung membosankan, ditambah lagi terlalu sering mengulang-ulang beberapa kata yang bermakna sama.

Kesimpulan

Bisnis itu berasal dari inspirasi. Segudang inspirasi mampu membakar semangat setiap orang untuk menjadi entrepreneur sejati. Apabila Anda ‘tergila-gila’ untuk menjadi seorang pengusaha, awali dengan membaca buku ini. Di dalam buku ini, 90% berisi cerita-cerita inspiratif yang membantu Anda menyemangati diri Anda. Anda akan membaca cerita tentang kisah tempe penyet, kanto darah, sulitnya menjual jasa, kisah penjual jagung bakar, sepeda gunung all-wheel drive, dan kisah-kisah nyata lainnya yang pernah terjadi di dunia bisnis.

Buku ini nyaman dibaca karena sebagian besar contoh kasus yang dikupas berasal dari tanah air. Kadang-kadang disisipi teori marketing dan bisnis yang mudah dipahami, buku ini cocok dibaca oleh para pengusaha pemula atau siapa pun yang tertarik untuk menjadi entrepreneur.

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here