Unik! Mahasiswa UNM Lakukan Penelitian Mengenai Tindak Tutur Dokter Terhadap Emosi Pasien

0
43
views

Apakabarkampus.com – Setiap orang memiliki potensi mengidap suatu penyakit. Penyakit menyerang seseorang tanpa pandang bulu, mulai dari kalangan atas hingga terendah, baik laki-laki maupun perempuan. Setiap orang yang sakit cenderung merasa khawatir sehingga akan memeriksakan kesehatannya ke dokter.

Saat berkonsultasi dengan dokter, salah satu hal yang penting bagi pasien adalah tuturan yang digunakan dokter terhadap pasien. Hal tersebut menjadi topik yang unik bagi tiga mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM), yaitu Muhammad Bahly Basri, Iin Nur Yasinta, dan Ainun Mutmainnah.

Tim yang diketuai oleh Muhammad Bahly Basri menjelaskan bahwa penelitian ini dilakukan dengan membagikan angket kepada pasien untuk mengetahui emosi pasien terhadap tuturan dokter.

“Kami melakukan pengumpulan data dengan cara membagikan angket kepada pasien untuk mengetahui emosinya terhadap tuturan dokter,” ujar mahasiswa asal Majene ini.

Salah satu anggota tim ini juga menambahkan bahwa penelitian yang dilakukan di RSUD Labuang Baji yang terletak di Jl. DR. Ratulangi No. 81, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar ini dilaksanakan selama 3 bulan yang dimulai dari bulan April hingga Juni.

“Penelitian yang kami lakukan sudah dimulai dari tanggal 8 April dan berakhir pada bulan Juni,” tambah mahasiswa yang akrab dipanggil Sinta.

Penelitian ini merupakan kegiatan hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sebanyak 52 tim dari UNM mendapatkan hibah PKM tahun 2019. Adapun jumlah tim yang mendapatkan hibah pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 8 tim, salah satunya penelitian ini.(*)

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here