Mahasiswa UNM Mengikuti Ritual Mattauriolo Oleh Bissu di Pangkep

0
39
views

Apakabarkampus.com – Ahad, 21 April 2019 pukul 15.00 WITA, Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia yang beranggotakan 3 orang, yaitu Septia Wulandari, Intan Permatasari, dan Putri Magfirah Salsabila mengikuti salah satu kegiatan Bissu yang ada di kabupaten Pangkep sebagai salah satu agenda dari pelaksanaan penelitian PKM-PSH untuk menuju PIMNAS.

Dalam masyarakat Bugis, Bissu diangap sebagai orang yang mampu menjadi jembatan komunikasi antara dewa dan manusia melalui prosesi adat menggunakan bahasa To Rilangi.

Kegiatan itu disebut Mattauriolo, yang diadakan di Jota kecamatan Bungoro kabupaten Pangkep.

“Ritual Mattauriolo dilaksanakan sebgai salah satu bentuk untuk mengingat dan menghargai perjuangan leluhur pada saat memperjuangkan kesucian mereka pada saat peristiwa G30SPKI.” kata Bissu Eka (21/4).

Sebelum pelaksanaan ritual Mattauriolo, sebelumnya diadakan ritual Mappesabbi yang dilangsungkan di rumah salah satu Bissu.

Acara puncak pada kegiatan itu adalah prosesi Ma’giri yang dilakukan oleh tiga orang Bissu yaitu Bissu Mata, Bissu Nisa dan Bissu Eka di lokasi kegiatan. Para Bissu menggunakan pakaian khusus Bissu pada saat kegiatan dan orang yang terlibat dalam kegiatan itu secara langsung diwajibkan untuk menggunakan baju bodo.(*)

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here