Sulsel Gelar Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik

0
81
views

Apakabarkampus.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali menggelar kegiatan seleksi pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat provinsi tahun 2019, di Aula eks Perpustakaan Multimedia Jl. Sultan Alauddin Tala’ salapang Makassar, diikuti 31 orang pustakawan dari berbagi jenis perpustakaan di Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (21-22/6), dibuka Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulsel diwakili Sekretaris Dinas Ir. Lubis, M.T, didampingi Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Drs. H. Andi Ahmad Saransi, M.Si dan Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Sulsel, Nilma, S.Sos, M.M yang sekaligus bertindak sebagai dewan juri.

Menurut Ketua Panitia, St. Aliah, S.Sos, M.M. kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberi penghargaan kepada pustakawan yang berprestasi terbaik, dan sekaligus untuk mengembangkan profesionalisme pustakawan di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.

“Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi, inovasi dan etos kerja pustakawan, menambah dan berbagi pengetahuan, keterampilan dan wawasan, serta mendorong terjalinnya kerja sama diantara para peserta. Dan yang terpenting adalah untuk mewujudkan citra pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan,” imbuhnya.

Pada hari pertama usai acara pembukaan, peserta mengikuti kegiatan tes kognitif, yang dilanjutkan dengan tes wawancara. Sebelum mengakhiri serangkaian proses seleksi pada hari pertama, para peserta mengikuti undian untuk memilih tema karya tulis ilmiah yang akan dibuat dan dipresentasikan pada keesokan harinya.

Pada hari kedua, para peserta kembali berkompetisi unjuk kemampuan dalam mempresentasikan karya tulis yang telah dibuatnya di hadapan tim juri masing-masing, Drs. Syahruddin Umar MM (Pustakawan Madya DPK Sulsel), Nilma, S.Sos, MM (Ketua IPI Sulsel) dan Dr. Tuti Bahfiarti, S.Sos, M.Si (Dosen Pasca Sarjana Unhas).

Koordinator Pustakawan Sulsel, Syamsul Arif, S.Sos, M.A, selaku penanggung jawab kegiatan berharap, dari hasil seleksi tersebut dan berdasarkan penilaian objektif dari tim juri, siapa pun nantinya yang terpilih sebagai juara pertama. Dialah pustakawan terbaik yang akan mewakili Sulawesi Selatan dalam ajang pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat nasional tahun 2019, yang akan digelar pada bulan Agustus mendatang di Jakarta. *(naz)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here