Mahasiswa KKN-PPM Unhas Bersinergi Dengan Kabupaten Barru Majukan Perekonomian IKM.

0
12
views

Apakabarkampus.com – Mahasiswa KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata-Pengabdian Pada Masyarakat) Unhas (Universitas Hasanuddin) berlokasi di kelurahan Tuwung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Peserta KKN-PPM Unhas yang berjumlah 31 orang dengan terdiri dari 10 perempuan dan 21 laki-laki, dibimbing langsung oleh Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M. Si, bersama Prof. Dr. St. Haerani, M. Si dan Firman, S. Pi, M. Si, telah resmi diterima oleh Lurah Tuwung. Ahad, (23/6).

Perihal kedatangan Mahasiswa KKN-PPM Unhas ini, Hidayatuddin, S.IP., MH selaku Lurah Tuwung merasa sangat bersyukur karena telah dipercayakan kelurahannya sebagai lokasi KKN-PPM Mahasiswa Unhas tersebut.

Adapun mahasiswa KKN-PPM tersebut dibagi menjadi 3 posko yakni; di Lingkungan Mallawa, Lingkungan Mattiro Walie dan Kelurahan Tuwung.

Adalah Yayat, sapaan akrab lurah Tuwung, memaparkan bahwa dirinya masih sangat baru menjabat di Kelurahan Tuwung ini.

“Saya baru 8 bulan bertugas sebagai lurah di sini tapi sudah banyak inovasi yang telah kami lakukan seperti mempromosikan madu produksi masyarakatnya via media online dengan menggunakan publik figur sebagai jargon promosinya seperti Bupati Barru, Walikota Pare-pare, Kodim Kabupaten Barru, dll,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, para warga pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) di Kelurahan Tuwung ini juga diberikan edukasi terkait kemasannya yang butuh diperbaiki hingga omzet penjualan relatif meningkat.

“Sejak itu omzet penjualan madu langsung meningkat sampai berlipat-lipat ganda,” ujarnya lagi.

Selain itu, bersih-bersih aliran sungai secara gotong royong dan secara kontinue dilakukan serta pembinaan pemuda dari aspek keagamaan yang sering dilaksanakan oleh warga setempat, misalnya; ngeteh setelah sholat subuh dan Tauziah subuh, ini akan disinergiskan dengan program KKN-PPM Unhas selama berada di Kelurahan Tuwung.

Selanjutnya Prof. Sutinah memaparkan bahwa program kerja mahasiswanya sangat terkait dengan program yang sudah dilakukan Lurah Tuwung.

“Program kerja mahasiswa ini sangat terkait dengan program Kelurahan Tuwung. Sehingga besok Senin, (24/6) akan dilaksanakan Seminar Program Kerja KKN-PPM Unhas dengan tema, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Hasil Perikanan dan Peningkatan Daya Saing,” ucap Sutinah Made.

Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si (Berdiri di Tengah)

Lebih lanjut, Prof Sutinah menyampaikan harapannya ke depan terkait kemajuan masyarakat dan pelaku IKM tempat Mahasiswa Unhas KKN-PPM berlokasi.

“Harapan kami ke depan semoga keberadaan Mahasiswa Unhas di Kabupaten Barru dapat bermanfaat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Jadi bukan hanya madunya kelurahan Tuwung yang terkenal tapi, produk olahan perikanannya juga akan meraih pasar yang lebih luas lagi, bukan hanya dijual secara lokal tapi akan dikembangkan jejaring pemasarannya sampai ke Makassar bahkan ke pasar ekspor Insyaa Allah,” pungkasnya. (*)

Adji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here