Perpusnas Gelar Sosialisasi Layanan Perpustakaan Berbasis TIK di Makassar

0
113
views

Apakabarkampus.com — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan, SH, MH membuka secara resmi acara Sosialisasi Layanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) e-Resources, iPusnas dan Indonesia One Search (IOS), yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI di Swiss-belhotel Makassar, Kamis (25/7).

Acara ini turut dihadiri Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Drs. H. Ahmad Saransi, M.Si, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Sulsel, Nilma, S.Sos, M.M dan Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos, M.A., serta tim sosialisasi dari Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpusnas RI sebagai narasumber.

Mengawali sambutannya, Kadis Moh. Hasan, atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Perpusnas RI atas perhatiannya terhadap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga sebagian bentuk kegiatan pusat sudah terlaksana di daerah Sulsel khususnya di Makassar.

“Kegiatan ini adalah yang ke sepuluh untuk tahun ini, dan tidak semua daerah mendapatkan kesempatan seperti ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, Hasan berharap agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sebab kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting dan bermanfaat.

“Kita tidak bisa lagi menutup diri, kita tidak bisa hanya terpaku pada satu layanan gedung dan rak buku saja. Perpustakaan khususnya yang ada di Sulsel harus berbenah diri, harus merubah mindsetnya mengikuti perkembangan kemajuan zaman. Sebab kapan kita tidak ikuti perkembangan yang ada, maka kita akan tertinggal jauh,” imbuhnya.

“Berkenaan dengan itu, e-Sulsel juga harus ada. Saya bertekad akan menghadirkan e-Sulsel di daerah ini, dan ini harus menjadi perhatian kita untuk segera diwujudkan,” tegasnya.

Kenapa menjadi keharusan, menurut Hasan, karenanya perpustakaan harus melayani semua lapisan masyarakat. Mencerdaskan masyarakat, mencerdaskan generasi muda sulsel tidak harus dengan datang di perpustakaan.

Perpustakaan itu, lanjutnya, ada di mana-mana. Perpustakaan itu ada di darat ada di laut dan ada di udara.
“Kenapa bisa ada di udara? karena melalui gadget, perpustakaan hadir dengan aplikasi e-Resources, iPusnas, dan Indonesia One Search, dan nanti juga Isya Allah akan hadir e-Sulsel, di nama dengan aplikasi itu kita bisa mencari koleksi-koleksi terbaru khususnya koleksi-koleksi lokal Sulsel,” kuncinya.

Sementara itu, pelaksana kegiatan dari Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpusnas RI, yang diwakili Pustakawan Ahli Madya, Abdul Rahim, S.Sos, dalam laporannya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan online Perpustakaan Nasional berbasis TIK. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan koleksi e-Resources, iPusnas, dan Indonesia One Search yang dimiliki Perpusnas khsusunya di lingkunan perguruan tinggi.

Kegiatan sosialisasi yang terselenggara atas kerjasama Perpusnas dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulsel ini diikuti 200 orang peserta, terdiri dari pustakawan, pengelola perpustakaan perguruan tinggi, mahasiswa, dan lembaga perpustakaan lainnya se- Sulawesi Selatan.* (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here