Ungkap Penyebab Kemampuan Atraksi Api Para Penari Pepe-Pepeka Ri Makka, 3 Mahasiswa UNM Lakukan Penelitian

0
50
views

Apakabarkampus.com – Teliti Kelong Pepe-pepeka Ri Makka, tiga mahasiswa UNM berhasil melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Universitas Udayana Bali pada tanggal 27-31 Agustus 2019.

Tiga mahasiswa UNM ini yaitu Muh. Fajrin Ramadhan, Rudyman, dan Muh. Fachmy Achdan merupakan satu diatara 21 tim dari Universitas Negeri Makassar yang dinyatakan lolos ke Pimnas 32 mendatang.

Tim yang diketuai oleh Muh. Fajrin ini mengangkat judul ‘Pengaruh Kelong Pepe-pepeka Ri Makka terhadap Kemampuan Debus pada Tari Tradisional Makkassar’.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengungkap makna lirik kelong Pepe-pepeka Ri Makka dan pengaruhnya terhadap tarian Pepe-pepeka Ri Makka, serta mengungkap penyebab kemampuan atraksi api para penari Pepe-pepeka Ri Makka.

Setelah melakukan penelitian selama empat bulan, ketiga mahasiswa ini juga berharap agar hasil penelitian mereka mampu mengubah persepsi masyarakat yang sering mengasumsikan kemampuan debus pada tari Pepe-pepeka Ri Makka dapat terjadi karena bantuan dari makhluk gaib seperti jin dan sebagainya.

Kini, setelah dinyatakan lolos ke Pimnas 32 di Universitas Udayana Bali, ketiga mahasiswa ini fokus mempersiapkan diri untuk ajang tersebut. Rudyman juga menambahkan, bahwa mereka sebagai perwakilan Universitas Negeri Makassar mengaku siap untuk memberikan yang terbaik pada ajang Pimnas yang akan diselenggarakan pada 27-31 Agustus 2019 mendatang.

“Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk mengikuti ajang bergengsi sekelas Pimnas. Selanjutnya kami akan fokus mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Bali. Kami sangat bersamangat dan siap memberikan yang terbaik sebagai perwakilan dari Universitas Negri Makassar,” tutur mahasiswa asal Takalar tersebut.(*)

 

 

Editor:
Ma’arif Amiruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here