SDM Unggul Indonesia Maju, KBRI Beijing adakan Fun walk to Great Wall 2019

0
87
views

Apakabarkampus.com — Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan ke-74 RI yang mengangkat tema “SDM Unggul Indonesia Maju”, Kedutaan Besar Republik Indonesia Beijing mengadakan Fun Walk to Great Wall 2019. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara terbesar dalam rangka menuju hari puncak kemerdekaan yang akan digelar pada 17 Agustus 2019.

Pada kegiatan ini, seluruh peserta berkumpul di KBRI Beijing untuk registrasi awal. Lebih dari 200 peserta mengikuti kegiatan ini. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia Bapak Djauhari Oratmangun, beliau berhasil membakar semangat peserta melalui video yang diunggah oleh panitia dengan mengucapakan “salam hangat dari Beijing”.

Seusai sambutan, panitia kegiatan menyampaikan tata cara perlombaan serta games yang akan diadakan nantinya.

Sekitar pukul 08.17 CST, seluruh peserta melakukan perjalanan menggunakan lima buah bus yang telah di pesan khusus untuk membawa rombongan peserta, terdiri dari Staff KBRI, Mahasiswa dan Warga masyarakat Indonesia, berdasarkan informasi yang dihimpun peserta tiba di great wall pada pukul setengah 10 CST.

Kegiatan fun walk kemudian dibuka secara simbolis oleh Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia Bapak Djauhari Oratmangun. Seusai di lepas, seluruh peserta memadati area great wall dari meeting point menuju lokasi lomba. Meskipun suasana mendung, akan tetapi seluruh peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan.

Pada fun walk kali ini tergolong sangat unik, karena dari great wall yang panjangnya 8.850 km (hanya diambil tiga buah pos utama yang harus dilalui).

Terdapat dua kategori lomba dan games yang harus dijalankan oleh seluruh peserta.

Pada kategori perlombaan, peserta harus mem-follow akun IG KBRI Beijing dan bapak Djauhari Oratmangun selaku duta besar. Peserta harus memposting foto kegiatan selama kegiatan berlangsung dengan menyertakan hashtag #funwalktogreatwall2019#HUTRI74, #SDMUnggulINdonesiaMaju dan #KBRI Beijing.

Waktu pelaksanaan untuk perlombaan ini sampai dengan lunch time. Pemenang kategori favorit 1,2, 3 akan dipilih oleh panitia berdasarkan like terbanyak.

Untuk kategori game, peserta harus menjawab benda atau tempat yang dimaksud berdasarkan clue yang telah disiapkan, setiap pos terdapat jawaban dari pertanyaan yang telah disampaikan, untuk penentuan pemenang peserta lomba adalah peserta yang paling cepat memberikan jawaban kepada panitia yang telah ditugaskan di setiap titik kumpul.

Seperti halnya pada kategori perlombaan, pemenang selanjutnya akan dipilih menjadi juara 1, 2 dan 3. Panitia telah menyediakan 7 hadiah besar untuk games. Fun walk sendiri berakhir pada pukul 12.10 CST dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju makan siang yang diselingi dengan pembagian hadiah dan door prizes.

Setidaknya terdapat 62 buah door prizes yang telah disediakan oleh panitia kegiatan ini. Berbagai jenis door prize telah didistribusikan kepada seluruh peserta. Sayang sekali saya tidak mendapatkan door prize karena saya sebagai panitia kegiatan pada tahun ini.

Tema “SDM Unggul Indonesia Maju” digaungkan pada 23 Juli 2019 melalui kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia pada surat edaran Nomor: B‐ 779/M.Sesneg/Set/TUI.00.04/07/2019, dan dilampirkan juga surat edaran terkait partisipasi dalam menyemarakkan HUT RI ke 74 melalui surat Nomor: B685/M.Sesneg/SeVTU.00.04/06/2019. Sebagaimana disampaikan beberapa media, tema ini merupakan arah kebijakan pemerintah yang memfokuskan pada pengembangan sumber daya manusia, dengan fondasi pembangunan infrastruktur. Dalam masa pemerintahan periode kedua ini, lebih memfokuskan pada mewujudkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul, terampil dan memiliki daya saing untuk membawa Indonesia menjadi negara maju.
Sedangkan great wall di pilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan karena merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia dan sekaligus menjadi salah satu warisan budaya UNESCO yang berada di benua Asia.

Beberapa dinasti yang berperan penting dalam sejarah pembangunan tembok besar raksasa ini diantaranya adalah Dinasti Pra-Qin (zaman musim semi dan gugur) dan zaman negara perang, Dinasti Qin (220 SM), Dinasti Han (127 SM), dan dinasti Ming (1368-1644) dilanjutkan setelah penaklukan bangsa mongol.

Menurut catatan, Kaisar Qin Shihuang merupakan orang pertama yang memerintahkan pembangunan Tembok Raksasa China (great wall) hingga menjadi sebesar sekarang. Tembok besar ini pada mulanya dibangun bertujuan untuk benteng pertahanan. (Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here