Dosen JPTE FT UNM Melakukan Pengabdian di Kabupaten Jeneponto

0
58
views
Edi Suhardi Rahman selaku Ketua Tim Pelaksana PKM 2019 (kedua kiri) foto bersama dengan Gama (ketiga kiri) sebagai salah satu penjual ikan yang akan menggunakan kotak pendingin ikan.

Apakabarkampus.com – Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) 2019 yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) pada Sabtu, (25/5/2019).

Kegiatan program kemitraan ini berlangsung selama bulan Mei hingga Agustus 2019. Mengangkat tema “PKM Kotak Pendingin Kelompok Penjual Ikan Keliling” yang dilaksanakan pada Kelurahan Bontoa Kabupaten Jeneponto.

Ketua pelaksana, Edi Suhardi Rahman mengatakan bahwa PKM 2019 bertujuan untuk transfer teknologi mengenai alat pendingin portable yang bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas ikan yang diperjual belikan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi pendingin yang sifatnya portable agar supaya para penjual ikan yang menjadi sasaran mampu menjaga kualitas dagangannya (ikan)” katanya saat dihubungi lewat WhatsApp.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini beranggotakan satu orang dosen JPTE FT UNM yaitu, Dyah Darma Andyani dan turut dibantu juga oleh dua orang dosen lainnya yaitu Dyah Vitalocca dan Iwan Suardi.

Sementara itu Gama sebagai salah seorang penjual ikan yang kami wawancarai melalui sambungan telepon mengatakan bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh dosen yang berasal dari Universitas Negeri Makassar sangat membantu kami dalam menjaga kualitas ikan yang kami jual.

“Selain menjaga kualitas, kami juga bisa menghemat dalam hal pembelian es batu. Karena kami tidak perlu lagi membeli, cukup menggunakan alat pendingin yang telah diberikan” ujarnya lebih lanjut.

Selanjutnya, Tim PKM JPTE FT UNM berharap agar para kelompok penjual ikan dapat menggunakan dan merawat peralatan pendingin agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here