PPKn FIS UNM AKAN ADAKAN KARYA BAKTI ILMIAH

0
122
views

HMJ PPKn FIS UNM akan melaksanakan kegiatan ” Karya Bakti Ilmiah” yang rencana dilangsungkan pada 16-26 Desember 2019 di Dusun Mare-mare desa Jangan-jangan, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru.

Kegiatan yang berlangsung 10 hari ini mengangkat tema ‘Berbakti dan Berinovasi, Serta Bersilaturahmi Sebagai Wujud Saudara Sebangsa.’ Menjadikan mahasiswa aktif dan senior, serta dosen PPKn FIS UNM sebagai sasaran.

Karya Bakti Ilmiah ini bertujuan untuk mewujudkan salah satu Tridharma Perguruan tinggi yaitu Pengabdian masyarakat, dan menjadi bekal mahasiswa PPKn yang akan melakukan KKN nantinya.

Sulfiana selaku Ketua Panitia mengutarakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang untuk belajar bersikap amanah dan menumbuhkan kepekaan sosial.

“Karya Bakti Ilmiah adalah program kerja yang mengajarkan tentang amanah dan tanggung jawab. Menghabiskan waktu 10 hari di sana tentu bukan ajang liburan semata namun menumbuh-kembangkan kepekaan sosial dan menjalin silaturahmi antara warga dan mahasiswa PPKn FIS UNM melalui program kerja yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan masyarakat,” ungkap ketua Panitia itu saat diwawancarai di Jurusan PPKn FIS UNM.

Program kerja yang rencana akan dilaksanakan di sana ada beberapa diantaranya; seminar pertanian, papan wicara yang akan dibenahi, pengembangan perpustakaan, pembenahan sekolah, olahraga tradisional, pengajian terhadap anak-anak dan membuka kesempatan untuk warga desa menyampaikan kebutuhannya.

Dr. Imam Suyitno M.Si. selaku Ketua Jurusan PPKn sangat mengapresiasi kegiatan ini bahkan menganjurkan mahasiswa PPKn untuk berpartisipasi dalam kegiatan.

“Dengan adanya KBI ini mahasiswa PPKn bisa menyediakan bekal dan pembelajaran untuk menghadapi KKN nantinya,” Imam Suyitno menuturkan sepenggal kalimat sebagai wujud antusias birokrasi jurusan atas hadirnya rencana kegiatan Karya Bakti Ilmiah ini.

Jika melihat secara history Karya Bakti Ilmiah bukan kali pertama dilaksanakan, dan selalu berhasil menciptakan kenangan bagi yang berpartisipasi salah satunya Fadli Septian yang mengutarakan kebahagiaannya.

“hal yang paling membuat kita bahagia adalah ketika melihat orang disekitar kita bahagia,” tuturnya.

Kegiatan ini diharapkan menuai respon positif dari berbagai pihak, melakukan transformasi sosial sebagai wujud aktualisasi dari pendidikan memanusiakan yang peka terhadap berbagai problem di negeri ini. (*)

Citizen Journalist : Tita (Mahasiswi PPKn FIS UNM)

Editor : Adji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here