DPK Miliki Peranan Penting dalam Pembangunan dan Pengembangan Daerah di Toraja Utara

0
117
views

Apakabarkampus.com — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan, S.H., M.H menegaskan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memiliki peranan penting dalam pengembangan dan pembangunan di daerah termasuk di Toraja Utara ini.

Penegasan itu, disampaikan Hasan, pada saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Toraja Utara, Senin (20/1). Kunjungan kerja kadis DPK ini merupakan kunjungan kerja yang pertama di tahun 2020. Pada kesempatan itu Kadis di dampingi Kabid Pembinaan Kearsipan, Irwan, S.Sos, M.Ap, Plt Kabid Pembinaan Perpustakaan Nilma, S.Sos, M.M dan sejulah eselon IV lingkup DPK Sulsel dan koordinator Pustakawan Syamsul Arif, S.Sos, M.A.

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan harus mengambil sikap, harus mengambil peran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembinaan dan pengembangan perpustakaan, begitu juga dalam bidang kearsipan, dan itu menjadi suatu keharusan,” Ujar Hasan, sembari menambahkan Toraja Utara ini adalah kota budaya, daerah destinasi wisata dunia, arsipnya harus di jaga.

“Kalau kau tidak mau kehilangan budayamu, jaga arsipmu. Jangan kau harap nama Toraja Utara akan terkenang oleh anak cucumu kalau arsipmu kau abaikan. Jangan kau harap anak generasi muda bisa pintar dan cerdas, kalau minat bacanya kau abaikan. Kalau kau hilangkan lembaga perpustakaan dan kearsipan ini sama saja kau hilangkan karakternya orang Toraja Utara. Ini mindset yang harus kita tanamkan dalam benak kita dengan napas kearsipan dan perpustakaan,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Toraja Utara Samuel Lande, ST, sangat mengapresiasi kunjungan kerja Kadis DPK Sulsel bersama rombongan ini.

“Ini membuktikan bahwa Gubernur memiliki empati yang sangat luar biasa terhadap Toraja Utara, bukan hanya pembangunan pisiknya yang diperhatikan tetapi juga pembangunan dalam bidang pengembangan SDM mendapatkan perhatian yang cukup serius,” ujarnya.

Ia berharap kunjungan dan pertemuan ini dapat menghasilkan langkah-langkah strstegis dalam pengembangan perpustakaan dan kearsipan ke depan.
Harapan yang juga disampaikan Kadis DPK Toraja Utara Obednego Toding Padang, S.Sos dalam laporannya ketika menerima kunjungan rombongan DPK Sulsel di Kator Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara. Juga hadir dalam pertemuan tersebut Kabid Sosial Budaya Bappeda Toraja Utara Avianti Toding Pali, SS.

Pada pertemuan itu juga berlangsung dialog antara jajaran DPK Sulsel dan jajaran DPK Torut untuk membangun sinergitas antara provinsi dan kabupaten yang dipandu oleh Kabid Pengolahan, Konservasi dan Otomasi bahan Perpustakaan, Nesty Tasinan, SP.

Usai melakukan pertemuan, Kadis DPK Sulsel di dampingi Kadis DPK Torut melakukan kunjungan ke Perpustakaan SMA Negeri 1 Toraja Utara dan Sekolah Lentera Harapan SMP Kristen Toraja Utara. *(naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here