Bupati Bulukumba: Kunker DPK Sulsel Pencerahan Bagi Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan di Bulukumba

0
125
views

Apakabarkampus.com — Bupati Bulukumba A.M. Sukri A. Sappewali menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kunjungan yang dilakukan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan bersama rombongan di Kabupaten Bulukumba.

“Kunjungan kerja ini tentu menjadi pencerahan dan peningkatan kesadaran akan pentingnya menumbuhkan minat baca masyarakat melalui pengembangan perpustakaan serta pentingnya pengelolaan dan pembinaan kearsipan di Bulukumba,” jelasnya.

Pernyataan itu disampaikan bupati yang di dampingi Ketua Komisi A DPRD Bulukumba, Drs. H.A. Pangerang, Bunda Baca Bulukumba Siti Isniah, S.IP, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulukumba Drs. A. Baso Maskur, M.Si, saat menerima kunjungang kepala DPK Sulsel di ruang pola Kantor Bupati Bulukumba, Jum’at (31/1).

Menurut bupati, membaca adalah jendela dunia, dan itu dilakukan di perpustakaan. Hanya saja, perpustakaan kita perlu di benahi.

“Kita sudah harus menjadikan perpustakaan kita perpustakaan yang nyaman dan menarik unuk dikunjungi,” ujarnya sembari menambahkan untuk menarik minat baca anak-anak di era globalisasi dewasa ini, sudah seharusnya dikembangkan perpustakaan multi media.

Terkait masalah kearsipan, lanjut Bupati, kita sudah harus membangun kesadaran bahwa arsip itu penting.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pendahulunya. Untuk mengetahui pendahulu kita dapat diketahui melalui arsip,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H, M.H dalam sambutannya mengatakan pertemuan ini adalah pertemuan yang sangat berharga untuk kepentingan bangsa dan negara khususnya dalam membangun sinergi antara provinsi dan kabupaten/ kota dalam pengembangan perpustakaan dan kearsipan.

Bentuk perhatian DPK provinsi terhadap kabupaten/ kota menurut Hasan pada tahun 2020 ini adalah sebuah keharusan. Apalagi DPK provinsi telah menjadikan tahun 2020 menjadi tahun kinerja dan berharap ini bisa ditularkan ke daerah kabupaten/kota.

Juga hadir dalam pertemuan tersebut beberapa orang anggota DPRD Bulukumba, Kepala Dinas Pendidikan Bulukumba Drs. Ahmad Januaris, M.Pd, yang mewakili Bappeda, pejabat struktural dan fungsional DPK Bulukumba, para pengelola perpustakaan sekolah dan penggiat literasi di Bulukumba.* (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here