Parmusi Gelar Mukernas Via Online

0
16
views

Apakabarkampus.com — Ketua Umum Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) H. Usamah Hisyam membuka Mukernas VI Parmusi, Minggu (29/3/2020) pagi. Kegiatan yang diikuti para pengurus wilayah Parmusi di seluruh Indonesia itu dilakukan secara online.

Mukernas VI digelar untuk menindaklanjuti Muktamar yang ditunda pelaksanaannya. Sebelumnya Muktamar dijadwalkan digelar pada 27-29 Maret 2020.

Usamah mengatakan, pengurus pusat Parmusi sebelumnya tidak pernah memiliki alasan untuk menunda Muktamar meski saat ini virus Corona tengah mewabah.

“Jadi tidak ada alasan yang memaksa untuk menunda Muktamar. Kenapa? Karena Parmusi merupakan organisasi dakwah. Jadi kalau adanya virus Corona menjadi alasan, saya sangat keberatan,” kata Usamah saat membuka Mukernas VI Parmusi. Usamah hadir secara online membuka kegiatan tersebut di kediamannya. Tampilan Mukernas VI Parmusi secara online di screen di Parmusi Center, Minggu (29/3/2020).

Usamah menyayangkan tidak ada satupun pemimpin di Tanah Air yang mengimbau warganya untuk berdzikir kepada Allah agar virus Corona segera hilang. Sebaliknya justru mengimbau untuk meninggalkan masjid, sehingga shalat Jumat ditiadakan sampai wabah virus Corona (Covid-19) dinyatakan berakhir.

Kendati demikian, jelas Usamah, pengurus pusat Parmusi terus melakukan evaluasi sehingga pada tanggal 21 Maret lalu mendapatkan banyak respon dari wilayah. Termasuk adanya informasi adanya regulasi pelarangan untuk melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak.

“Hingga kemudian pihak protokol membatalkan hadir, surat izin tidak direspon oleh pihak berwenang, dan adanya kebijakan Gubernur DKI yang menegaskan bahwa seluruh aktivitas berpotensi pengumpulan massa itu dilarang,” jelas Usamah.

Akhirnya berdasarkan masukan PW, sambung Usamah, maka diputuskan untuk menunda Muktamar karena keadaan memaksa.

“Dampaknya, mulai besok akan terjadi kekosongan kepemimpinan pusat Parmusi. Karena kalau ditinjau AD/ART, kepemimpinan hanya 5 tahun dan berakhir hari ini,” terangnya.

Usamah berharap Mukernas VI ini berjalan lancar dan seluruh pengurus wilayah untuk memberikan pandangannya agar menghasilkan sejumlah keputusan penting.

Sementara itu, PW Parmusi Sulsel Abubakar Wasahua yang ikut aktif via online Mukernas Parmusi di Makassar berharap Parmusi Sulsel menjadikan ikon pesantren lorong Raudhah Indonesia Sudah dijalankan PW PARMUSI Sulsel lewat binaannya Pesantren Lorong Raudhah Indonesia, dalam bentuk Pembinaan Baca Alqur’an online, da’wah online dan ikhtiar melakukan penyemprotan secara mandiri di lorong Raudhah.” Kami selalu terdepan dalam aksi dakwah keummatan,” papar Abubakar yang disampaikan jubir Parmusi Sulsel, Bachtiar Adnan Kusuma, Senin 30/3. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here