Tindakan Melawan Covid-19, Komunitas Dan Organisasi Berkolaborasi di Makassar

0
91
views

apakabarkampus.com – Makassar
Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid -19 di Kota Makassar, sejumlah organisasi dan komunitas mengadakan kolaborasi aksi melawan Covid-19 dengan membagikan masker, sabun pembersih tangan, brosur serta penyemprotan disinfektan secara gratis, (Jumat,17 April 2020).

Kamaruddin selaku ketua umum Aktivis Sosial Indonesia (AKSI) mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut adalah bentuk daripada aksi kemanusiaan yang di lakukan oleh beberapa organisasi dan komunitas di Kota Makassar.

“Tindakan kolaborasi  yang kami lakukan adalah suatu tindakan yang berasaskan atas keresahan yang kami rasakan bersama sehingga muncul kepedulian bersama pula, kami berharap kepada semua pihak mulai dari  jajaran pemerintah sampai ke masyarakat agar bersatu dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” Ujarnya.

Adapun organisasi dan komunitas yang tergabung dalam aksi kolaborasi melawan Covid-19 di antaranya pemuda Maccini Sombala, Aktivitas Sosial Indonesia, Exit Makassar, HME FT-UNM, BisnisKita, ManusiaMerdeka, SemestaKata, Celebes Volunteer, Taekwondo Teknik UNHAS, Mari Panen Pahala, Campus Social Responsbility, Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi UNM, Himpunan Mahasiswa Sipil FT-UMI, dan JKN FPMP Sulsel, serta Forum Pemerhati Masalah Perempuan.

Salah satu perwakilan HME FT-UNM Daus yang juga menjabat sebagai Kabid 1 HME FT-UNM mengatakan, aksi kolaborasi kali ini merupakan hal positif yang sangat ditunggu oleh masyarakat ditengah pandemik Covid-19 yang melanda dunia.

“Tapi dalam pelaksanannya kami kurang mampu memenuhi jumlah kebutuhan masyarakat dengan jumlah bantuan yang kami sediakan, mungkin untuk kedepannya kegiatan kami ini bisa memenuhi hal tersebut. Tentu dengan adanya dukungan dari teman-teman yang lain berupa donasi akan lebih mempermudah kami dalam pelaksanaan kegiatan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Nisa Basira selaku Kordinator FPMP Sulsel mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kepedulian dari posko pengaduan JKN FPMP Sulsel terhadap pandemi yang melanda Makassar dengan upaya membagi masker, sabun cuci tangan dan brosur serta penyemprotan disinfektan pada warga Kecamatan Tamalate agar mereka mendapat informasi yang benar dan akurat tentang covid-19 ini dan bagaimana mengantisipasi agar tidak menambah banyak korban.

“Alhamdulillah telah terlaksana kegiatan penyemprotan desinfektan serta pembagian masker dari kolaborasi beberapa komunitas sosial dan lembaga kampus di kota makassar. Mudah-mudahan melalui kegiatan kolaborasi ini, masyarakat bisa membangkitkan kepekaan jiwa sosial, dan bisa lebih sadar dalam menerapkan physical distancing di situasi pandemi saat ini,” ucap Imam salah satu perwakilan dari HMS FT-UMI.

Masteriyadi Baharuddin,S.STP selaku Lurah Maccini Sombala mengucapkan banyak terimah kasih kepada FPMP Sulsel, mahasiswa dan organisasi yang tergabung dalam Kolaborasi Aksi penyemprotan, pembagian masker, dan sabun cuci tangan serta sosialisasi tentang wabah Covid-19 kepada Masyarakat Maccini Sombala terkhusus masyarakat di RW 06 Kelurahan Maccini Sombala.

“Semoga dengan apa yamg telah kita lakukan kita bersama-sama dapat memotong rantai penyebaran Civid-19. dan insyaAllah bernilai ibadah. tetap semangat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here