Tadjuddin Rachman Rilis Buku Terbaru ‘Pledoi’

0
28
views

Apakabarkampus.com — Pengacara senior, H. Tadjuddin Rachman, S.H.M.H. kembali merilis buku terbarunya yang terbit bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020 berjudul “ Pledoi “. Kendati sebelumnya, Tadjuddin Rachman juga telah menulis dua buku yaitu Tadjuddin Rachman Penegak Hukum dan Keadilan serta Tanah dan Jaminan Kepastian Hukum.

Buku terbaru Tadjuddin Rachman setebal 182 halaman diterbitkan Yapensi bekerjasama Tadjuddin Rachman Law Firm, selain memotret kisah menjadi pengacara yang handal, cara sukses menyusun dan membuat pledoi juga dilengkapi dengan contoh-contoh pledoi yang pernah disampaikan di persidangan hukum.

Menurut Aburizal Tadjuddin, S.H., buku Tadjuddin Rachman adalah role model bagi hidupnya, sehingga ia sebut sebagai sosok ayah yang sekaligus sahabat, teman, guru serta rekan kerja yang punya pembawaan santai dan asyik. Ia selalu mengingatkan saya agar selalu menjunjung tinggi profesionalisme dan menjaga integritas dalam bekerja.

“Bagi saya beliau banyak memberi inspirasi bagaimana menjaga marwah dan persaingan dunia advokat” kata Ical yang saat ini bekerja di Law Firm Henry Yosodiningrat Jakarta.

Buku Pledoi karya Tadjuddin Rachman selain diberi kata pengantar Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H.M.H., Dr. H. KRH. Henry Yosodiningrat, S.H, dan Prof. Dr. Aminuddin Ilmar, S.H.M.H. berisi lima bab dan contoh lengkap pledoi dalam ilustrasi perkara tindak pidana korupsi masing-masing Bab I pendahluan, Bab 2 Azas-azas Hukum Pidana dan Hukum Acara Pidana, Bab 3 Teori-teori dasar dalam hukum Pidana, Bab 4 Kedudukan Terdakwah dan Persiapan Pendampingan dan Bab 5 Anatomi eksepsi dan pledoi.

Menurut Sekjend Asosiasi Penulis Profesional Indonesia Pusat, Bachtiar Adnan Kusuma, menilai Tadjuddin Rachman adalah sosok pengacara senior yang pegila buku. Ia sangat suka membaca buku dan pandai merangkum dan menulis ide-idenya dalam sebuah tulisan menjadi buku yang menarik.

“Tak banyak sosok seperti Tadjuddin Rachman, pengaca senior, pengusaha dan kuat serta rajin membaca buku”, kata BAK. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here