Inilah Alasan UNM Gencar Kejar Status PTNBH

0
385
views

Apakabarkampus.com – Universitas Negeri Makassar (UNM) tengah gencar menyusun rencana perubahan status dari Badan Layanan Umum (BLU) menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).


UNM menargetkan tahun 2021 mereka sudah berstatus PTNBH. Peluang terealisasinya rencana UNM ini nyaris dipastikan, mengingat syarat yang harus dipenuhi UNM hanya menyisakan sedikit saja.


Jika benar terealisasi, maka proses ini terbilang singkat, sebab baru tahun lalu [2019] UNM berubah status dari Satuan Kerja (Satker) menjadi Badan Layanan Umum (BLU).


“Tahun lalu kita baru berubah dari Satker ke BLU, itu pun belum sempurna. Tapi kenapa kita harus menunggu waktu? Kita sudah siapkan itu semua,” ujar rektor UNM, Husain Syam.


“Kita targetkan tahun 2021. Kalau kita bisa PTNBH tahun 2021, itu lebih baik,” lanjut Husain Syam.


Terkait persyaratan yang harus dipenuhi, UNM sudah memenuhi empat dari lima syarat yang harus dipenuhi. UNM hanya perlu memenuhi 60% program studi yang berakreditasi A.

“Kita sudah siapkan panitianya semua. UNM sudah punya empat persyaratan untuk jadi PTNBH. Kita cuma butuh satu lagi, yaitu 60% prodi akreditasi A, sementara baru ada 52%,” terang Husain.

Syarat yabg telah dipenuhi UNM saat ini adalah kekuatan finansial, jurnal penelitian internasional, mahasiswa berprestasi tingkat nasional, dan kerjasama dengan perusahaan.


Dibalik gencarnya upaya UNM dalam mewujudkan status PTNBH, ternyata ada hal yang ingin dimaksimalkan, seperti pengelolaan anggaran secara mandiri dan memaksimalkan Hak Akan Kekayaan Intelektual (HAKI).


“Status PTNBH ini kan baik. Jadi jangan salah kaprah. Kebanyakan kampus dapat penolakan, itu karena tidak ada sosialisasi yang baik. PTNBH itu tidak akan memberatkan mahasiswa.”


“Nah yang akan kita maksimalkan itu seperti aset kita. Contohnya juga kalau ada pegawai UNM yang direkomendasikan untuk menjadi pejabat publik, jadi kepala dinas, atau apapun, itu 15% harus masuk ke UNM,” terang Husain.


“Jadi kalau UNM yang rekomendasikan, mereka punya kewajiban menyetor 15% gajinya untuk UNM. Itu salah satu hal yang akan kita maksimalkan,” tegas Husain Syam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here