Resensi Buku: Meraih Kesuksesan Dalam Bisnis Restoran

0
27
views

Judul Buku: Meaih Kesuksesan Dalam Bisnis Restoran
Penulis: Dr. Hernita Sahban, SE. MM
Penerbit: Zifatama Publisher
Tahun Terbit: 2016
Cetakan: Pertama
Tebal Buku: 173 Halaman

Biografi Penulis


Dilahirkan di kota Jakarta, pada tanggal 3 Agustus 1974 yang sekarang bertempat tinggal di jalan Abdullah Daeng Sirua no. 106, Makassar, Sulawesi Selatan. Beliau kesehariannya bekerja sebagai Ketua STIM Lasharan Jaya Makassar Periode 2015-2019.

Untuk perjalanan pendidikannya yang ditempuh yaitu mulai dari SD Negeri 011 Pagi Jakarta pada 1986, SMP Negeri 89 Jakarta Tahun 1989, SMA Negeri 57 Jakarta Tahun 1992, Strata Satu (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Nasional Jakarta Tahun 1997, Strata Dua (S2) Magister Manajemen STIMA Jakarta Tahun 2008, Strata 3 (S3) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar Tahun 2015.

Pengalaman belajar pernah sampai ke luar negeri mulai dari Exchange Student ke Sidney High School, Sidney Australia Tahun 1991 dan Sandwich Like Dikti ke Nothern Illinois University Amerika Serikat Tahun 2014.

Latar Belakang Buku

Ada banyak masalah kita temukan dalam bisnis resto di keseharian kita. Resto yang dipenuhi karyawan-karyawan yang lelah karena melayani pengunjung dan membuat berbagai kesalahan. Resto yang menjual makanan lama karena belum laku dari dulu dan tidak ingin rugi. Resto yang dipenuhi kata-kata motivasi untuk karyawan mereka tetapi karyawan sendiri tidak punya pekerjaan karena tidak ada pengunjung. Resto yang menjual makanan tidak enak dengan harga yang mahal, berbekal logo ‘Sejak zaman Belanda’. Resto yang dipenuhi para karyawan yang menatap ke gerak-gerik pelanggan menunggu memberikan pelayanan, atau sebaliknya, resto yang dipenuhi karyawan yang bercanda tanpa peduli dan hormat pada pelanggan.

Buku ini akan memberikan anda panduan dari perspektif manajemen SDM tentang bagaimana mengelola karyawan suatu bisnis resto sehingga mampu memberikan hasil maksimal demi kemajuam bisnis anda.

Buku ini akan menjadi referensi bagi para pembaca yang akan merencanakan/memiliki impian untuk membuat/membangun sebuah usaha restoran. Juga bagi para pebisnis dan wiraswastawan yang ingin memajukan usaha dibidang bisnis restoran.

Gambaran Tentang Isi Buku

◎ Perencanaan Restoran:
Dalam pembentukan suatu restoran perlu kiranya memperhatikan 3 hal mendasar, yakni: makanan, suasana dan pelayanan. Ketiganya sangat mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis restoran. Dalam bab ini, penulis mengupas satu per satu bagaimana memaksimalkan ketiga unsur tersebut.

◎ HPWS:
High Performace Work System adalah sebuah sistem kerja yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan kinerja secara ekonomi. Sistem ini akan membantu anda untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan individu dan kelompok kerja informal dalam rangka menyukseskan bisnis resto, juga membantu anda dalam membuat aturan kerja yang lebih sederhana namun efektif dalam hal terapan.

◎ Membangun Keadilan Organisasi:
Hubungan tanpa keadilan akan membawa pada tuntutan, pemberontakan dan akhirnya kekacauan. Maka penting bagi anda untuk memahami cara membangun keadilan dalam organisasi.

◎ Kenali dan Hargai Kebaikan Hati Karyawan:
Dalam ilmu manajemen, tindakan berbuat baik melebihi panggilan tugas disebut sebagai perilaku kewargaan organisasi. Karyawan yang telah memiliki konsep ‘kewargaan organisasi’ akan melakukan perbuatan baik dengan membantu teman, memberikan pembelaan pada perusahaan, maupun mendorong karyawan lain bekerja dengan baik.

◎ Membuat Inovasi Dalam Bisnis Resto:
Inovasi adalah sesuatu yang sangat penting bagi dunia usaha. Seperti contoh, jika kita punya pelanggan setia, mereka suatu saat akan bosan jika menu yang ada terus begitu saja, maka penting untuk melakukan inovasi! Namun inovasi tentu tidak sebatas pembaharuan menu saja, namun jauh lebih luas dari itu.

Kelebihan dan Kekurangan

◎ Kelebihan:
Sarat akan ‘daging’ dan cenderung mudah dalam hal pengaplikasian, sehingga dapat membantu anda memulai sebuah bisnis resto ataupun mengembangkan resto yang sudah ada dalam perspektif manajemen SDM.

◎ Kekurangan:
Gaya tulisan yang cenderung kaku, hingga dapat membuat pembaca mudah bosan. Dan judul serta desain cover yang kurang bombastis.

Kesimpulan

Jika dipandang secara nasional, bisnis resto lokal saat ini benar-benar berkembang. Berbagi restoran lokal bermunculan dari skala kecil hingga skala besar. Bank, pemerintah maupun berbagai perusahaan lewat program CSR berusaha mengangkat sektor ini dari masyarakat bukan saja demi bergeliatnya ekonomi masyarakat, tetapi juga agar kukiner Indonesia terkenal hingga ke mancanegara. Jika anda pebisnis resto lokal, anda tidak perlu khawatir dengan banyaknya berdiri resto cepat saji di berbagai tempat, mereka punya ciri khasnya sendiri, begitu juga kita.

Dalam hal pengelolaan karyawan, kita perlu mengingat satu hal ‘karyawan adalah manusia yang harus dimanusiakan’, artinya memperlakukan karyawan layaknya manusia bukan sebagai robot ataupun budak.

Literatur manajemen SDM menggariskan adanya 3 sikap mental utama dari seorang wirausaha. Cukup 3 ini saja, kita telah mampu menghasilkan suatu ‘gagang’ yang menjadi modal untuk bergerak. Setelahnya, tinggal seberapa baik kita belajar dan menghitung. Ketiga hal itu adalah Sense of Belonging, Sense of Participation dan Sense of Responsibility.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here