Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Launching Buku Catatan dari Ulubalang untuk Indonesia

0
23
views

Apakabarkampus.com — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan apresiasi positif terhadap terselenggaranya kegiatan Launching Buku Catatan dari Ulubalang untuk Indonesia, yang digagas para penggiat literasi mitra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Luar biasa ini acara,” kata Hasan Sijaya mengawali sambutannya se saat sebelum melauching buku yang ditulis oleh Haeril Kacong, Kepala Desa Ulubalang, Kecamatan Salumekko, Kabupaten Bone.

“Saya memberi apresiasi kepada adinda saya Pak desa,” lanjut Hasan Sijaya, “Pak desa.. , Jujur, saya cemburu. Saya ini kepala dinas perpustakaan belum ada buku, nah kita ini kepala desa sudah ada bukunya. luar biasa,” kata Hasan Sijaya yang disambut aplaus para peserta launching yang hadir di Lantai dua gedung Layanan Perpustakaan DPK Sulsel, Senin (6/7).

“Judul bukunya juga tidak main-main, Catatan dari Ulubalang untuk Indonesia, luar biasa. Saya selalu menyampaikan bahwa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita mulai dari pelosok-pelosok desa. Kalau anak-anak kita di pelosok-pelosok desa ini cerdas, maka saya yakin dan percaya bangsa kita akan maju dan berkembang,” jelas Hasan Sijaya.

Mantan staf ahli Gubernur ini berharap, mudah-mudahan buku ini bermanfaat, dibaca banyak orang, dan mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi generasi muda, bagi teman-teman kita, bahwa ada sosok kepala desa di tengah kesibukannya dan ditengah situasi sulit akibat Pandemi Covid- 19, mampu melakukan kegiatan menulis buku dan tidak semua orang bisa melakukan kegiatan seperti ini.

Pada kesempatan itu, Hasan Sijaya juga menyampaikan terima kasih kepada para panitia, para penggiat literasi yang telah menggagas dan melaksanakan kegiatan ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Andhika Mappasomba DM, S.S, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini terselenggara berkat dungungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang telah memberikan ruang yang seluas- luasnya bagi para penggiat literasi untuk terus berkarya melakukan kegiatan inovatif dalam rangka menumbuhkan semangat literasi, bagi kemajuan bangsa dan negara khusunya di Sulawesi Selatan.

“Kalau kegiatan ini, sukses maka kami akan membuat kegiatan yang lebih besar lagi. Bahkan dalam waktu dekat ini kami dari para penggiat literasi mitra DPK Sulsel bersama Duta Baca Sulsel dan Tim Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial DPK Sulsel, akan melakukan roadshow keliling daerah untuk menyerahkan bantuan buku kepada komunitas penggiat literasi di daerah dan menyemangati mereka agar tetap kreatif berkegiatan di tengah pandemi ini,” ucap Andhika.

Kegiatan Launching Buku dengan tema Membangun Gerakan Literasi Desa yang Inovatif di Masa Pandemi ini menghadirkan narasumber, Dr. Eng. H. Hendra Pachri, S.T. M.Eng (TUGPP Sulsel), Anis Kurniawan, S.S., M.Si (Direktur Media Klik Hijau), Rezky Amalia Syafiin, S.H., M.H, (Duta Baca Sulsel), MDR Aman (Ketua DPW Papdesi Sulsel) dan Andi Kahar Muda, S.H (Direktur Penerbit Rumah Bunyi) dipandu Moderator Andhika Mappasomba. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here