Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Akan Kembangkan Science Centre Makassar

0
105
views

Apakabarkampus.com — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H di dampingi Koordinator Bidang Pendidikan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel Prof. Dr. Heri Tahir, S.H., M.H, Founder dan CEO PT. Kabar Grup Indonesia Upi Asmaradhana, Sekdis DPK Sulsel Widyawati, S.Sos, M.H, dan sejumlah pejabat eselon IV dan pejabat fungsional pustakawan lingkup DPK Sulsel melakukan kunjungan ke Pusat Peraga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi PP-IPTEK Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN di kawasan TMII Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Pada kunjungan kerja dalam rangka melihat langsung keberadaan PP-IPTEK yang nantinya akan menjadi bahan referensi dan masukan bagi pengembangan Makassar Science Center ini, rombongan Kadis DPK Sulsel diterima langsung oleh Direktur PP-IPTEK, Dr. Syachrial Anas.

Di hadapan Direktur PP IPTEK dan sejumlah pejabat beserta staf yang mendampinginya, Kadia DPK Sulsel mengatakan bahwa mimpi kita untuk mencerdaskan anak bangsa harus diwujudkan. Oleh karena itu kita tidak mau tinggal diam, kita harus cepat menangkap peluang yang ada, termasuk peluang untuk mengembangkan Makassar Science Center (MCC) yang ada di DPK Sulsel.

Menurut Hasan Sijaya, ada ruang yang bisa kita siapkan bagi tempat bagi anak-anak pelajar, siswa dan mahasiswa untuk bisa memahami berkait dengan kegiatan- kegiatan iptek. Pada tahun 2020 ini, sudah ada ruang layanan perpustakaan ibu dan anak dan keberadaannya sangat relevan untuk kita menempatkan sejumlah alat peraga iptek di sana.

Hasan Sijaya juga menjelaskan pada tahun 2021 DPK merencanakan akan membangun ruang khusus Scienter Center untuk Sulsel yang bisa menjadi rujukan di wilayah Sulawesi dan bahkan di Kawasan Timur Indonesia.

“Saya yakin dan percaya bahwa bapak Gubernur sangat merespon ini dan ibu Gubernur sebagai Bunda Baca Sulsel sangat senang dengan ini,” ujarnya seraya berterima kasih atas dukungan dan bantuan PP-IPTEK.

Sementara itu Direktur PP-IPTEK Syachrial Anas mengungkapkan bahwa kunjungan Kadis DPK Sulsel bersama rombongan ini merupakan suatu hal yang sangat bagus untuk bisa menambah wawasan, bangaimana melihat, bagaimana memanaj dan mengembangkan Science Centre yang ada di Makassar.

“Sehingg harapan kami, setelah kunjungan ini, di Makassar nanti ada inovasi- inovasi baru terkait dengan pengelolaan Science Centre,” ujarnya.

Menurutnya inovasi yang bisa dilakukan antara lain dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah.

“Soal alat-alat peraga, datangi perguruan tinggi, datangi industri datangi perusahaan-perusahaan asing yang ada di sana, hasil- hasil karya dari mahasiswa yang baru lulus, skripsinya itu kan ada alat-alat peraga itu dibagusin aja, itu bisa memperkaya, makin banyak dan butuh tempat lagi, setelah itu makin banyak pengunjung ada kebijakan pemerintah mewajibkan anak sekolah datang,” jelasnya.

Untuk mensupport itu, menurutnya dalam waktu dekat ini pihak PP-IPTEK akan mengadakan pelatihan pemandu bagi pengelola Scince Centre di Makassar, juga akan dilaksanakan ToT untuk mengadakan Sciece Show, dan berbagai jenis lomba yang bisa dikerjasamakan untuk dilaksanakan di Sulsel. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here