Potret Runtuhnya Andalusia, Jejak Peradaban Islam di Spanyol

0
6
views

Resensator: Bachtiar Adnan Kusuma

Apakabarkampus.com — Membaca buku ini setebal 879 halaman, karya Dr.Raghib As-Sirjani yang terbit pada 2013 adalah sesungguhnya mendekatkan kita akan sejarah Andalusia sebagai sebuah kisah yang memilukan. Buku ini memaparkan sebuah sekarah, keagungan dan kegemilangan, tapi kita tahu kegemilangan itu telah selesai dan hilang.

Andalusia kini telah menjadi sebuah surga yang hilang. Namun itu bukan alasan untuk tidak membaca lembar-lembar keagungan yang telah dirampas ini, membaca sejarah yang kaya ini agar kita dapat membaca bagaimana keagungan itu dibangun dan bagaimana ia disia-siakan.

Sesungguhnya sejarah Andalusia dengan lembar-lembar yang panjang lebih dari 800 tahun sebagai sebuah kekayaan yang hakiki, sebagai sebuah kekayaan besar dalam bidang ilmu, pengalaman dan pelajaran.

Karenanya kita wajib semuanya mencari tahu tentang sejarah Andalusia, sejarah 800 tahun di mana umat Islam berkuasa di dataran Eropa.

Andalusia negeri indah dan eksotis, berada di bawah kekuasaan kaum muslimin, selama kurang lebih 800 tahun atau 8 abad lamanya dari tahun 92H/711M hingga 797H/1492M. Kota ini pula menjadi pusat ilmu pengetahuan dengan berbagai perpustakaan megah dan ulama-ulama terkenal. Demikianlah keadaan negeri Andalusia masa lalu, simbol keislaman tersebar di mana-mana, sebuah negeri yang sampai hari ini masih lekang dalam ingatan kaum muslimin, kendatipun sejarahnya kini telah berubah. Buku ini adalah potret sekaligus rekaman sejarah runtuhnya kekuasaan Islam di Andalusia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here