Perpustakaan Taman Kota Pinrang Dapat Bantuan Buku, Rak Buku dan Komputer dari Pemprov Sulsel

0
23
views

Apakabarkampus.com — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel memberikan bantuan berupa 300 eksemplar buku, dua unit rak buku dan dua unit komputer kepada Perpustakaan Taman Kota, Kelurahan Maccorawalie, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang.

Bantuan yang diberikan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan gerakan literasi masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan ini, diserahkan langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pinrang H.M. Aswin, S.IP., M.Si pada rangkaian acara Bimtek Kearsipan yang berlangsung di MS Hotel Pinrang, Senin (26/10/2020).

Pemberian bantuan ini merupakan wujud kepedulian Bunda Baca Sulawesi Selatan, ibu Lies F. Nurdin yang mengharapkan agar perpustakaan taman kota ini bisa terus berkembang, dan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi keluarga dan masyarakat untuk membaca buku dan melakukan berbagai kegiatan edukatif lainnya.

Pemberian bantuan ini menurut Hasan Sijaya, juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk mencerdaskan anak bangsa dari desa, mencerdaskan anak bangsa dari pelosok. Seperti apa yang menjadi harapan dan keinginan Bapak Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, yang akan menghadirkan 2.600 titik perpustakaan desa/kelurahan dan perpustakaan lorong hingga akhir periode masa jabatannya nanti.

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel telah menyikapi hal itu dan hingga saat ini sudah terwujud 123 titik. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah, dan Insya Allah mudah-mudahan sampai di akhir tahun ini akan terbangun 200 titik,” harapnya.

Kegiatan pemberian bantuan ini juga merupakan replikasi mandiri Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terhadap kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dari Pemerintah Pusat yang merupakan bagian dari program prioritas nasional dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan Indonesia maju.

“Oleh karenaya,” lanjut Hasan Sijaya, “Selain memberikan bantuan berupa komputer, buku dan rak buku sebagai stimulan, kita juga akan melakukan pembinaan SDM untuk tenaga pengelola perpustakaannya melalui kegiatan Bimtek , dan pembinaan langsung di lapangan dengan melibatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kapupaten/Kota.”

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pinrang H. M. Aswin memberi apresiasi dan menyampaikan terima kasih khususnya kepada Bunda Baca Sulsel ibu Lies F. Nurdin dan Gebernur Sulsel bapak Prof. Nurdin Abdullah serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Moh. Hasan Sijaya atas pemberian bantuan ini, dan berharap ke depan dapat ditingkatkan lagi, sehingga akan memberi dampak positif yang lebih luas dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Pinrang. * (naz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here