Tingkatkan Kompetensi Perawat Anak, IPANI Gelar Pelatihan

0
160
views

Apakabarkampus.com – IPANI (Ikatan Perawat Anak Indonesia) melaksanakan pelatihan Pediatric Basic Life Support (PBLS) di Hotel Jolin Makassar, Jum’at 4-6 Desember 2020.

Pelatihan ini diikuti oleh 27 peserta dari berbagai rumah sakit baik dari Kota Makassar maupun luar kota Makassar. Pada Jum’at 4 Desember 2020 kegiatan ini terlaksana via daring dan luring.

Dr. Kadek Ayu Erika, S.kep., Ns., M.kes. memberikan sambutan lewat virtual dan dilanjut oleh ketua DPW PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Sulawesi Selatan Abd. Rahmat, S.Kep., Ns., M.Kes. sekaligus membuka acara PBLS.

Dalam sambutan Ketua IPANI SULSEL memberikan arahan kepada panitia dan peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Beliau juga mengingatkan bahwa anak bukan miniatur manusia. Anak itu unik, maka dari itu penting bagi kita selaku perawat anak untuk terus mengikuti perkembangan ilmu kesehatan anak.

Materi pertama yang dipaparkan adalah Aspek Etik Legal Keperawatan dibawakan oleh ketua DPW PPNI SULSEL, dilanjutkan materi kedua daring yang langsung dibawakan oleh Ketua IPANI SULSEL tentang tumbuh kembang anak.

Setelah itu materi dilanjutkan luar jaringan (Luring) oleh Abd. Kadir, S.kep., Ns., M.kes. dan Dr. Suradi Effendi, S.Kep., Ns.

Kegiatan ini harusnya terlaksana pada bulan April namun karena situasi pandemi hingga harus di undur dan menunggu standar dan pola pelatihan yang disusun oleh IPANI pusat untuk kemudian menyesuaikan dengan situasi pandemi. Pelatihan ini menerapkan Protokol kesehatan yang sangat ketat namun materi baik teori dan praktek harus tetap efektif dan mencapai standar kompetensi perawat anak.

“Sebenarnya peserta yang terdaftar 30 orang, namun beberapa yang terdaftar mendapat hasil repid tes reaktif, hingga peserta tersebut harus dipending.” Ungkap Srinellyanti, S.Kep., Ns. selaku ketua panitia.

“Karena kegiatan ini, semua peserta harus tes rapid sebagai persyaratan keikutsertaan.” Tambah Ns. Nelly.

Perkembangan ilmu keperawatan anak terus melaju, maka dari itu penting bagi kita untuk terus mengupdate ilmu apalagi saat situasi pandemi seperti ini. Kompetensi perawat harus memenuhi standar terutama yang bertugas diperawatan anak, PICU dan NICU. Olehnya itu IPANI akan konsen untuk pengembangan kualifikasi perawat anak.

“IPANI akan konsen menjadi pusat pendidikan perawatan anak.” Ungkap Ns. Kadir sekertaris IPANI Sulsel.

“Setelah ini masih ada beberapa program terkait pelatihan yang akan dilaksanakan.” Tambah Ns. Kadir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here